AS Izinkan Warga yang Sudah Divaksinasi Lepas Masker di Luar Ruangan

Agustiyanti
28 April 2021, 07:11
masker, AS perbolehkan warga lepas masker, vaksin Covid-19, lepas masker, Amerika Serikat, kewajiban masker di AS
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/WSJ/dj
Presiden AS Joe Biden menegaskan pedoman baru yang memperbolehkan warga yang telah divaksinasi Covid-19 melepas masker dengan kondisi tertentu dibuat berdasarkan sains, bukan politik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan baru tentang penggunaan masker di luar ruangan untuk warga AS yang telah merampungkan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan pedoman tersebut, orang yang telah divaksinasi secara penuh kini dapat membuka masker dalam pertemuan kecil di luar ruangan atau makan di luar dengan teman-teman dari berbagai keluarga. Namun, CDC menekankan orang yang belum divaksi masih harus menggunakan masker pada pertemuan semacam itu.

"Sains menunjukkan jika Anda divaksinasi, Anda dapat melakukan hal tersebut dengan aman tanpa masker," ujar Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky mengatakan selama pengarahan Gedung Putih virtual pada Selasa (27/4) seperti dikutip dari CNN.

Meski demikian, kehidupan tidak akan kembali normal sepenuhnya bagi orang-orang yang telah divaksin. Mereka tetap harus menghindari pertemuan besar di dalam ruangan.

CDC tidak menentukan berapa banyak kehadiran orang yang dapat disebut sebagai pertemuan. Namun, situs web badan tersebut menggambarkan pertemuan besar yakni menyatukan banyak orang dari banyak rumah tangga di ruang pribadi atau publik.

Adapun bagi mereka yang telah divaksinasi penuh tetapi memilih untuk menghadiri acara luar ruangan yang ramai, seperti pertunjukan langsung, parade, atau acara olahraga, CDC tetap menyarankan untuk tetap menggunakan masker.

"Umumnya bagi orang yang divaksinasi, aktivitas di luar ruangan tanpa masker aman. Namun, kami terus merekomendasikan penggunaan masker di tempat dan tempat luar ruangan yang ramai," kata Walensky.

Ia mencontohkan, masker sebaiknya tetap digunakan saat berada di stadion dan konser yang penuh sesak di mana ada penurunan kemampuan untuk menjaga jarak fisik dan banyak orang tidak divaksinasi kemungkinan hadir.

Presiden Biden menggunakan panduan masker baru CDC ini untuk mendesak semua orang Amerika agar mau divaksinasi. "Intinya jelas, jika Anda divaksinasi, Anda dapat melakukan lebih banyak hal, lebih aman, baik di luar maupun di dalam ruangan," kata Biden dalam sambutannya di Gedung Putih.

"Jadi bagi mereka yang belum mendapatkan vaksinasi, terutama jika Anda lebih muda, atau berpikir Anda tidak membutuhkannya, ini adalah alasan bagus lainnya untuk mendapatkan vaksinasi. Sekarang," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...