Perusahaan Investasi Warren Buffet Raup Untung Rp 170 T, Ini Pemicunya

Agustiyanti
3 Mei 2021, 07:55
Berkshire,
123RF.com/Dima Photo
Warren Buffett, orang terkaya nomor tiga di dunia versi Bloomberg Billionaires Index 2019.

Perusahaan pengelola investasi, Berkshire Hathaway mencetak keuntungan pada kuartal pertama tahun ini mencapai US$ 11,7 miliar atau sekitar Rp 170 triliun menggunakan asumsi kurs Rp 14.500 per dolar AS. Tahun lalu, perusahaan yang dimiliki dan dikelola Warren Buffet ini merugi US$ 50 miliar pada tahun lalu.

Mengutip CNN, perusahaan yang memiliki saham di raksasa asuransi Geico hingga produsen es krim Dairy Queen menjelaskan, pendapatan pada tiga bulan pertama tahun ini banyak ditopang oleh sektor manufaktur, serta jasa dan binis ritel. Sektor-sektor ini mengalami pemulihan pendapatan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir karena ekonomi dibuka kembali.

Advertisement

Meski banyak optimisme di pasar saham, manajer investasi ini justru terus berupaya mengumpulkan uang untuk membeli sahamnya sendiri ketimbang mengakusisi.

Bershire Harthaway menghabiskan US$ 6,6 miliar untuk membeli kembali saham kelas A pada kuartal pertama. Namun bahkan setelah pembelian saham tersebut, dana kelolaan manajer investasi tersebut terus tumbuh dan kini mencapai US$ 145,4 miliar dalam bentuk tunai di neracanya, naik dari US$ 138,3 miliar pada akhir tahun lalu.

Satu saham Berkshire kelas A, yang tidak di-stock splitt kini diperdagangkan di harga US$ 412.500. Sedangkan saham kelas B yang melakukan split agar lebih terjangkau bagi sebagian besar investor ditutup dengan harga di bawah US$ 275 pada akhir pekan lalu.

Buffet mengatakan kinerja Berkshire terangkat oleh ekonomi AS yang jauh lebih baik daripada yang ia prediksi di awal pandemi Covid-19. Menurut dia, ekonomi AS telah dibangkitkan dengan cara yang sangat efektif oleh stimulus moneter dari Federal Reserve dan stimulus fiskal dari Kongres AS.

Produk Domestik Bruto AS pada kuartal pertama tahun ini tumbuh 6,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement