Penjualan Emas Perhiasan Meningkat Jelang Lebaran

Agatha Olivia Victoria
3 Mei 2021, 13:13
harga emas, emas perhiasan, pandemi Covid-19
ANTARA FOTO/Rahmad/aww.
Ilustrasi. BPS mencatat kenaikan harga emas perhiasan terjadi di 60 kota indeks harga konsumen (IHK) dari 90 kota yang disurvei.

Badan Pusat Statistik mencatat, emas perhiasan merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi April 2021. Penjualan logam mulia ini  meningkat menjelang Lebaran.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan, harga emas naik hingga 0,67% pada bulan lalu. Kenaikan harga emas perhiasan terjadi di 60 kota indeks harga konsumen (IHK) dari 90 kota yang disurvei. "Tertinggi di Kota Pare-Pare, Medan, dan Bukittinggi yang naik sebesar 3%," kata Setianto dalam Konferensi Pers Inflasi April, Senin (3/5). 

Emas perhiasan memberikan andil kepada inflasi April 2021 sebesar 0,01%. Inflasi bulan lalu tercatat 0,13% secara bulanan, 0,58% secara tahun kalender, dan 1,42% secara tahunan.

Selain tingginya permintaan, melonjaknya harga emas batangan mempengaruhi kenaikan harga emas perhiasan. "Dengan demikian, inflasi inti turut naik hingga 0,14% dengan andil 0,09% terhadap inflasi nasional," ujar dia.

Setianto menjelaskan, pembelian emas perhiasan didominasi kelompok menengah atas. Kendati demikian, tingginya pembelian emas perhiasan belum tentu mencerminkan peningkatan daya beli golongan tersebut. Ini karena masih ada beberapa indikator lainnya yang ada dalam daya beli masyarakat menengah ke atas.

Harga emas Antam hari ini stagnan Rp 921 ribu per gram di tengah kenaikan harga emas dunia. Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,1% menjadi $ 1.770,66 per ons, sedangkan emas berjangka AS naik 0,2% menjadi $ 1.770,30 per ons. Dolar AS yang melemah menjelang serangkaian rilis data AS mendorong kenaikan harga emas dunia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...