Krisis Covid-19 di India, Angka Kematian Tembus 4.000 dalam Sehari

Agustiyanti
9 Mei 2021, 08:33
India, kasus Covid-19, kematian akibat Covid-19, pandemi corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/hp/cf
Seorang perempuan menangis saat proses kremasi suaminya, yang meninggal dunia akibat Covid-19 di New Delhi, India, Rabu (5/5). India melaporkan lebih dari 4.000 orang meninggal dunia dalam 24 jam pada Sabtu (8/5).

Pandemi Covid-19 kian memburuk di India. Angka kematian akibat wabah tersebut memecahkan rekor baru, menembus 4.000 orang dalam sehari pada Sabtu (8/5).

Kementerian kesehatan India melaporkan rekor 4.187 kematian dalam 24 jam, serta lebih dari 400.000 infeksi baru yang sudah terjadi selama tiga hari berturut-turut. India telah melaporkan lebih dari 21 juta kasus dan 238 ribu kematian sejak pandemi merebak.

Krisis yang terus meningkat membuat sistem perawatan kesehatan India melampaui batasnya. Pasokan tempat tidur, oksigen, dan tenaga medis terbatas. Beberapa pasien Covid-19 meninggal di ruang tunggu atau di luar klinik yang kewalahan, bahkan sebelum mereka diperiksa oleh dokter.

Para pejabat di Tamil Nadu mengumumkan karantina selama dua minggu. Keputusan ini diambil setelah negara bagian selatan India ini mengalami lonjakan infeksi harian terbesar mencapai 26.465 kasus pada Jumat (7/5).

Mulai Senin, semua tokok nonesensial di Tamil Nadu titi, termasuk toko minuman keras milik negara. Restoran hanya menyediakan layanan pembelian makanan untuk di bawa pulang, tetapi toko bahan makanan dapat buka dari jam 8 pagi hingga 12 malam. Layanan pengiriman makanan juga akan dibatasi.

Sejumlah negara bagian India telah memberlakukan karantina total pada pekan ini, dari negara bagian Rajasthan di barat laut hingga Karnataka di selatan. Keputusan karantina ditempuh meskipun Perdana Menteri Narendra Modi memperingatkan bahwa tindakan itu hanya dianggap sebagai upaya terakhir.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...