Bank Sentral Inggris Peringatkan Risiko Besar Investasi Uang Kripto

Agustiyanti
9 Mei 2021, 09:30
kripto, mata uang kripto, criptocurrency, investasi kripto
Katadata
Ilustrasi. Mata uang digital seperti bitcoin, eter, dan bahkan dogecoin memiliki volatilitas yang sangat tinggi pada tahun ini.

Bank Sentral Inggris memperingatkan investor yang berinvestasi pada criptocurrency harus bersiap untuk kehilangan semua uang mereka. Bank of England menganggap mata uang kripto tidak memiliki nilai intrinsik.

Mata uang digital seperti bitcoin, eter, dan bahkan dogecoin memiliki volatilitas yang sangat tinggi pada tahun ini. Ini mengingatkan beberapa investor tentang gelembung kripto pada 2017 saat bitcoin meledak menuju US$ 20 ribu, tetapi jatuh ke US$ 3.122 setahun kemudian.

"Bukan berarti orang tidak menghargai mereka karena mereka bisa memiliki nilai ekstrinsik, tetapi kripto tidak memiliki nilai intrinsik," ujar Gubernur Bank Sentral Inggris Andrew Bailey saat ditanya tentang kenaikan nilai cryptocurrency pada Kamis (7/5), seperti dikutip dari CNBC.

Ia mengatakan, investor sebaiknya membeli mata uang kripto jika memang siap kehilangan semua uangnya. Komentar Bailey menggemakan peringatan serupa dari Otoritas Layanan Keuangan Inggris.

"Berinvestasi dalam aset kripto, atau investasi dan pinjaman yang terkait dengannya, umumnya melibatkan pengambilan risiko yang sangat tinggi dengan uang investor," kata pengawas layanan keuangan pada Januari.

Bailey, yang sebelumnya adalah kepala eksekutif  Financial Conduct Authority (FCA), badan regulasi keuangan Inggris, telah lama skeptis terhadap mata uang kripto. Ia telah memperingatkan kepada investor Bitcoin untuk bersiap kehilangan uang sejak 2017.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...