Arus Balik Lebaran, Pemprov DKI Akan Tes Antigen Pemudik Secara Acak

Agustiyanti
16 Mei 2021, 18:35
arus balik lebaran, tes antigen, tes antigen acak
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/rwa
Petugas Kepolisian menempel stiker di kaca mobil pengendara usai pemeriksaan tes Antigen di KM 34 B Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021). Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan tes Antigen secara gratis bagi pengendara yang belum memiliki surat bebas COVID-19 guna mengantisipasi lonjakan kasus usai libur lebaran Idul Fitri 1442 H.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya serta Kodam Jaya menyiapkan 31.000 tes usap antigen di pos penyekatan arus balik Lebaran. Pemudik asal Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang baru tiba dari luar kota akan dites secara acak. 

"Selama tujuh hari, kami membutuhkan sekitar 31.000 tes usap antigen," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran di Jakarta, Minggu.

Fadil menuturkan pihaknya semula kekurangan persediaan antigen Covid-19 di pos penyekatan arus balik. Namun, kekurangan tersebut telah dipenuhi oleh Pemprov DKI Jakarta sebanyak 17.000 alat tes.

Diungkapkan Kapolda Metro Jaya, tim terpadu melakukan tes antigen secara acak terhadap warga yang masuk wilayah Jabodetabek usai pulang mudik ke kampung halaman.

Fadil mengingatkan kembali kepada warga yang masuk wilayah Jabodetabek agar melengkapi surat bebas COVID-19 dan hasil tes antigen atau tes usap PCR yang menunjukkan hasil negatif.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 12 titik pos pemeriksaan surat bebas Covid-19 bagi pemudik yang hendak kembali ke Jakarta. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan petugas akan memeriksa kelengkapan surat bebas COVID-19 dan hasil antigen terhadap masyarakat yang memasuki Jakarta secara acak atau random.

"Kalau ada yang reaktif maka yang bersangkutan kita akan periksa, kami bawa ke Wisma Atlet untuk dilanjutkan dengan PCR dan selama menunggu hasil PCR maka dia akan menjalani isolasi," ujar Sambodo.

Adapun lokasi pos pemeriksaan surat bebas Covid-19 yakni:

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...