Covid-19 Masih Merebak, Pertemuan Tahunan WEF di Singapura Batal

Agustiyanti
18 Mei 2021, 16:24
WEF, pertemuan tahunan WEF, pandemi corona, singapura
123RF.com/Phuong Nguyen Duy
Ilustrasi. Singapura tengah menghadapi kenaikan kasus Covid-19.

Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) membatalkan rencana pertemuan tahunan musim panas yang semula akan berlangsung di Singapura pada 17-20 Agustus 2021. Negeri Jiran ini baru saja memberlakukan kembali karantina wilayah seiring peningkatan jumlah kasus Covid-19.

Dalam siaran persnya, WEF menjelaskan kondisi saat ini tidak memungkinkan dilaksanakannya pertemuan global yang biasanya mencakup pemerintah dan para pebisnis dari berbagai belahan dunia. Dunia masih diliputi ketidakpastian akibat Covid-19 terutama karena kecepatan vaksinasi yang berbeda-beda dan mutasi virus.

"Ini adalah keputusan yang sulit, terutama mengingat minat besar dari mitra kami untuk berkumpul tidak hanya secara virtual tetapi secara langsung, dan untuk berkontribusi pada dunia yang lebih tangguh, lebih inklusif, dan lebih berkelanjutan," ujar Klaus Schwab, Pendiri dan Ketua Eksekutif WEF dalam siaran pers, Senin (17/5).

Meski demikian, menurut dia, kesehatan dan keselamatan semua orang yang terkait saat ini menjadi prioritas tertinggi.

"Kami akan terus melibatkan mitra kami untuk menangani masalah-masalah utama dalam agenda global melalui kerja sama publik swasta," kata dia.

Ini merupakan kali kedua WEF membatalkan rencana pertemuan tatap muka di tahun ini. Organisasi ini sebelumnya membatalkan rencana pertemuan tahunan di Davos pada Januari lalu ke musim panas pada Agustus mendatang di Singapura.

Pertemuan Tahunan berikutnya akan berlangsung pada paruh pertama tahun 2022. Lokasi dan tanggal akhir akan ditentukan berdasarkan penilaian situasi akhir musim panas ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...