Kinerja Ekspor Kinclong, Prospek Ekonomi Korsel Tahun Ini Lebih Cerah

Agustiyanti
27 Mei 2021, 18:53
ekonomi korsel, pertumbuhan ekonomi, pandemi covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Min-Hee/Pool /AWW/dj
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menargetkan ekonomi negaranya tumbuh 4% pada tahun ini.

Bank Sentral Korea Selatan mengerek proyeksi pertumbuhan ekonomi mereka menjadi 4 % pada tahun ini sejalan dengan pemulihan ekspor dan investasi swasta yang cepat. Pertumbuhan ekonomi Korsel tahun ini akan menjadi yang tercepat dalam satu dekade terakhir.

Proyeksi baru bank sentral sejalan dengan target Presiden Moon Jae-In pada awal bulan ini. Ekonomi Korea Selatan terakhir kali tumbuh melesat 6,8% pada 2010.

Meski demikian, Bank Sentral Korsel memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya tetap rendah sebesar 0,5%. Otoritas moneter ini juga memastikan akan tetap menempuh kebijakan akomodatif di tengah ketidakpastian Pandemi Covid-19.

"Pemulihan ekonomi domestik lebih cepat dari yang kami perkirakan dari proyeksi Februari karena pemulihan ekonomi global yang kuat," ujar Gubernur Bank of Korea Lee Ju-yeol pada Kamis (27/5), seperti dikutip dari Nikkei Asia.

Pada Februari, bank sentral memproyeksi ekonomi Korea Selatan hanya tumbuh 3%. Pada hari ini, BOK juga mengerek proyeksi inflasi menjadi 1,8%.

Perbaikan outlook ditopang oleh kinerja ekspor yang meningkat sejalan permintaan tinggi terhadap produk semikonduktor dan mobil. Ekspor Korsel pada April melonjak 41,1% secara tahunan menjadi US$ 51,2 miliar, rekor tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

Investasi swasta pada kuartal I 2021 meningkat 6,6% dibandingkan kuartal sebelumnya menopang pemulihan ekonomi. Awal bulan ini, negara tersebut mengungkapkan rencana investasi senilai 510 triliun won atau stara US$ 456 miliar untuk memperkuat sektor chip pada 2030.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...