ConocoPhillips Lepas Blok Corridor, Pertanda Investasi Migas Lesu?

Image title
29 Mei 2021, 09:07
ConocoPhilips, blok corridor, blokmigas
Medco Energi
Ilustrasi. Kontraktor migas di dalam negeri saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan, dari sisi finansial maupun nonfinansial.

ConocoPhillips berencana melepas kepemilikan hak partisipasi (Participating Interest/PI) di Blok Corridor meski belum lama mengantongi perpanjangan dari Kementerian ESDM. Pengamat menilai, langkah yang mengejutkan dari  perusahaan migas asal AS ini dapat menjadi pertanda lesunya iklim investasi migas di Tanah Air.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas (Aspermigas) Moshe Rizal mengatakan, kontraktor migas di dalam negeri saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan, mulai dari sisi finansial yakni keekonomian lapangan hingga nonfinansial seperti masalah sosial dan ketidakpastian regulasi. Pemerintah, menurut dia, perlu berbenah untuk memperbaiki iklim investasi jika ingin menarik investasi global di sektor ini. 

"Kontraktor migas memiliki portofolio di berbagai negara yang selalu dievaluasi, mana yang patut dipertahankan dan dilepas. Kita ini bersaing dengan negara lain," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (28/5).

Langkah yang diambil CoconoPhilips, menurut dia, bukan tidak mungkin diikuti oleh kontraktor lainnya. Padahal, Indonesia membutuhkan investasi di sektor migas tak hanya sebagai pendapatann negara tetapi juga mesin penggerak ekonomi karena dampak bergandanya. ,"Harus ada gebrakan yang substansial dari pemerintah," ujarnya.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menduga keputusan ConocoPhillips untuk melepas hak partisipasi di Blok Corridor karena iklim investasi di Indonesia yang sudah kurang menarik. Apalagi, banyak perusahaan besar yang keluar dari Indonesia. 

"Saya melihat ada yang aneh dengan keputusan ChoconoPhilips, apalagi mereka belum lama mendapat perpanjangan kontrak," ujarnya.

Menurut dia, ConocoPhillips kemungkinan menilai bahwa Blok Rokan tak lagi menarik usai beralih kelola ke Pertamina. Adapun Blok Corridor memegang posisi strategis terkait penjualan gas ke Blok Rokan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...