Indonesia Peroleh Tambahan 313.100 Dosis Vaksin AstraZeneca

Agustiyanti
6 Juni 2021, 13:27
vaksin astrazeneca, vaksin covid-19, covid-19, vaksinasi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi.Indonesia telah menerima total 92,2 juta dosis vaksin COVID-19 berupa vaksin jadi maupun bahan baku vaksin.

Pemerintah memperoleh tambahan 313.100 dosis vaksin AstraZeneca. Dengan tambahan tersebut, Indonesia telah menerima total 92,2 juta dosis vaksin COVID-19 berupa vaksin jadi maupun bahan baku vaksin.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan tambahan pasokan vaksin dari AstraZeneca tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, pada Sabtu (5/6) . Kedatangan vaksin AstraZeneca dari Covax Facility ini, menurut dia, tak lepas dari  kerja keras Pemerintah Indonesia yang sejak Oktober 2020 telah menjajaki kerja sama multilateral COVID-19 Covax,  inisiatif global untuk akses kesetaraan vaksin

Advertisement

"Melalui mekanisme GAVI Covax Advance Market Commitment, Indonesia memperoleh jatah vaksin COVID-19 sebesar tiga hingga 20 persen dari jumlah penduduk," ujar Siti seperti dikutip dari Antara, Minggu (6/6). 

Ketersediaan vaksin, menurut dia,  sangat krusial dalam upaya akselerasi pelaksanaan program vaksinasi nasional. Indonesia telah menerima tiga juta dosis vaksin jadi dari Sinovac, 6,7 juta dosis vaksin jadi dari AstraZeneca, satu juta dosis vaksin jadi Sinopharm, dan bahan baku 81,5 juta dosis vaksin dari Sinovac.

Pemerintah berupaya meningkatkan pelayanan vaksinasi agar bisa menjangkau rata-rata satu juta warga per hari mulai Juni 2021 guna mempercepat terwujudnya kekebalan kelompok terhadap Covid-19

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement