Luhut dan Erick Thohir Berkunjung ke Tiongkok, Apa Hasilnya?

Agustiyanti
6 Juni 2021, 14:49
tiongkok, luhut, erick, kunjungan luhut ke tiongkok, kerja sama Indonsia tiongkok
Kementerian BUMN
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Tiongkok pada 5-9 Juni 2021 membahas kerja sama kedua negara.

Delegasi Indonesia yang dimpinpin oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan Pemerintah Tiongkok pada Sabtu (5/6) Kedua pihak membahas kerja sama kedua negara di bidang perdagangan, ekonomi dan investasi, termasuk dengan Badan Usaha Milik Negara.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono.

Pertemuan ini, menurut Luhut, membahas sejumlah agenda kerja sama penting kedua negara, di antaranya terkait proyek kerja sama prioritas, perdagangan, ekonomi, dan investasi. Kerja sama ini terangkum dalam kerja sama High Level Dialogue on Cooperation Mechanism (HDCM).

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa di sektor BUMN, Indonesia dan Tiongkok telah menjalin sejumlah kesepakatan penting. Ini terutama yang terkait proyek strategis yang tengah dikerjakan oleh BUMN.

Kerja sama tersebut, antara lain kerja sama Indonesia sebagai hub regional untuk produksi vaksin, pembangunan pabrik bahan baku obat yang selama ini 90 persen diimpor dan R&Duntuk obat herbal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...