Masyarakat Kian Anti Korupsi, BPS: Istri Mulai Tanya Asal Uang Suami

Agatha Olivia Victoria
15 Juni 2021, 14:39
korupsi, bps, anti korupsi, indeks anti korupsi, bps
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. BPS mencatat indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) tahun ini sebesar 3,88, lebih tinggi dari 3,84 pada 2020.

Badan Pusat Statistik melaporkan bahwa masyarakat Indonesia semakin anti korupsi, tercermin dari Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) tahun ini sebesar 3,88, lebih tinggi dari 3,84 pada 2020. 

Nilai indeks semakin mendekati 5 menunjukkan bahwa masyarakat berperilaku semakin anti korupsi, sedangkan masyarakat dianggap semakin permisif terhadap korupsi jika mendekati 0. IPAK disusun berdasarkan dua dimensi, yaitu dimensi persepsi dan dimensi pengalaman.

Advertisement

Nilai indeks persepsi 2021 sebesar 3,83 meningkat 0,15 poin dibandingkan indeks tahun sebelumnya yakni 3,68. Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, persepsi masyarakat terhadap korupsi yang meningkat didorong peningkatan persepsi nilai-nilai anti korupsi di lingkup keluarga dan komunitas. 

"Di lingkungan keluarga, ini terlihat dari sikap istri yang mulai mempertanyakan saat menerima uang tambahan dari suami, di luar gaji atau penghasilan yang biasa diterima," ujar Suhariyanto dalam Konferensi Pers, Selasa (15/6).

Sementara di lingkungan komunitas, menurut Suhariyanto, ini terlihat dari meningkatnya persepsi tidak wajar masyarakat terhadap pemberian uang, barang, atau fasilitas kepada pegawai publik ketika suatu keluarga melaksanakan hajatan atau menjelang hari raya keagamaan. Kendati demikian, persentase masyarakat yang menganggap tidak wajar perilaku korupsi di lingkup publik menurun. Salah satunya dalam memberi uang, barang, atau fasilitas kepada penegak hukum untuk mempercepat pengurusan SIM, STNK, SKCK, dan lainnya.

Adapun BPS melihat,pengalaman masyarakat terhadap korupsi pada 2021 sedikit menurun denga indeks tercatat 3,9% pada 2021, dari sebelumnya  3,91% pada 2020. Penurunan terjadi pada sub dimensi pengalaman masyarakat mengakses layanan publik.

Menurut BPS, IPAK masyarakat perkotaan 2021 tercatat lebih tinggi yaitu 3,92, dibanding masyarakat perdesaan yang sebesar 3,83. Semakin tinggi pendidikan, masyarakat cenderung semakin anti korupsi. Pada 2021, IPAK masyarakat berpendidikan di bawah SLTA sebesar 3,83, setara SLTA sebesar 3,92, dan di atas SLTA sebesar 3,99.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement