KAI Bakal Tes Antigen Acak Penumpang KRL Mulai Besok

Agustiyanti
20 Juni 2021, 14:38
tes antigen acak, penumpang KRL, penumpang KRP tes antigen acak, tes Covid-19 acak KRL
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Tes antigen acak ini akan dilakukan sebelum calon penumpang KRL membeli tiket atau tap masuk di gate elektronik stasiun

PT KAI Commuterline Jabodetabek akan melakukan tes Covid-19 secara acak kepada penumpang KRL menggunakan metode swab antigen selama satu pekan mulai besok, Senin (21/6). Tes antigen acak ini akan dilakukan di enam stasiun dengan volume pengguna yang tinggi, yaitu Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, tes antigen acak ini akan dilakukan sebelum pengguna membeli tiket atau tap masuk di gate elektronik stasiun. Para pengguna yang memiliki hasil negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan, sedangkan yang positif tidak diizinkan naik KRL dan datanya di laporkan ke Satgas Covid-19 setempat.

Advertisement

"Tes antigen acak ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 karena KRL merupakan moda transportasi favorit fi Jabodetabek," kata Ane dalam siaran pers, Minggu (20/6).

Ia menjelaskan, jumlah penumpang KRL memasuki pekan ketiga Juni atau hingga 18 Juni mencapai 7,94 juta orang atau 441.326 orang per hari. Jumlah tersebut naik 18,5% dibandingkan pengguna pada bulan lalu hingga pekan ketiga yang mencapai 6,47 juta orang atau 359.300 orang per hari.

Saat ini, layanan KRL Jabodetabek beroperasi pukul 04.00 hingga 22.00 WIB dengan total 994 perjalanan pr hari. Ane menyarankan pengguna untuk merencanakan perjalanan dengan baik sehingga terhindari dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta.

Tes acak antigen ini merupakan tindaklanjut permintaan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Tes acak perlu dilakukan untuk memberikan peringatan kepada masyarakat bahwa saat ini tengah terjadi peningakatan kasus Covid-19. Dengan demikian, masyarakat diharapkan tidak melakukan perjalanan jika tidak ada keperluan mendesak.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement