Kasus Covid Melonjak, Asrama Haji Bakal Jadi Tempat Isolasi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Juni 2021, 09:36
asrama haji, asrama haji tempat isolasi Covid-19, tempat isolasi covid-19, covid-19
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Kasus baru Covid-19 pada Senin (21/6) mencetak rekor mencapai 14.536 pasien. Tambahan kasus ini membuat jumlah kasus terkonfirmasi menembus 2 juta.

Pemerintah akan kembali menggunakan Asrama Haji sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Jumlah kasus Covid-19 yang melonjak membuat sejumlah tempat isolasi yang tersedia, antara lain Wisma Atlet tak lagi mampu menampung pasien. 

“Tahun 2020, asrama haji pernah digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19. Tahun ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah memberikan izin dan asrama haji siap kembali digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi dalam keterangan tertulis, Senin (21/6).

Ia mengatakan, koordinasi Kementerian Agama dengan Satgas Covid-19 terkait penggunaan asrama haji sebagai ruang isolasi sudah dilakukan sejak lama. Pemanfaatan asrama haji sebagai ruang isolasi juga sudah dilakukan pada tahun 2020.

Khoirizi menjelaskan, ada 27 dari 31 asrama haji di seluruh Indonesia yang siap digunakan untuk penanganan pasien Covid-19. Namun, ada empat asrama yang belum dapat digunakan karena sejumlah alasan, yaitu Pontianak, Mamuju, Jayapura, dan Sorong.

Para Kepala Asrama Haji, menurut dia, selama ini berkoordinasi dengan Satuan Tugas Covid-19 di wilayah masing-masing terkait dengan urgensi dan teknis penggunaannya. Persiapan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta  sebagai tempat isolasi misalnya, sudah dilakukan bersama dengan Satgas Covid DKI Jakarta. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...