AS Sebut Varian Delta Jadi Ancaman Besar untuk Menghilangkan Covid-19

Agustiyanti
23 Juni 2021, 08:35
varian delta, kasus covid-19, amerika serikat, covid-19, kasus covid-19 di as
ANTARA FOTO/REUTERS/Nick Oxford/nz/dj
Ilustrasi. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan delta saat ini menjadi varian dominan penyakit di seluruh dunia.

Amerika Serikat mulai mampu mengendalikan kasus Covid-19 setelah percepatan vaksinasi dilakukan di negara tersebut. Namun, Kepala penasihat medis Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan bahwa varian delta yang sangat menular adalah "ancaman terbesar" bagi upaya AS untuk menghilangkan Covid-19.

Fauci mengatakan, varian delta yang pertama kali diidentifikasi di India, sekarang menjadi sekitar 20% dari semua kasus baru di Amerika Serikat, naik dari 10% pada dua pekan lalu.

Dia mengatakan delta tampaknya "mengikuti pola yang sama" seperti alpha, varian yang pertama kali ditemukan di Inggris, yang menyebabkan infeksi berlipat ganda di AS dalam dua minggu.

"Mirip dengan situasi di Inggris, varian delta saat ini menjadi ancaman terbesar di AS terhadap upaya kami untuk menghilangkan Covid-19," katanya.

Komentar Fauci muncul setelah Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky pada akhir pekan lalu mendesak orang Amerika untuk divaksinasi terhadap Covid-19. Dia memperkiakan delta menjadi varian virus corona yang dominan di AS.

Studi menunjukkan varian itu sekitar 60% lebih menular daripada alfa, yang lebih menular daripada jenis asli yang muncul dari Wuhan, Tiongkok pada akhir 2019

"Sama mengkhawatirkannya dengan strain delta ini sehubungan dengan penularannya yang berlebihan, tetapi vaksin kami bekerja. Jika Anda divaksinasi, Anda akan terlindungi dari varian delta ini," kata Walensky

Inggris baru-baru ini melihat varian delta menjadi strain dominan di sana, melampaui alpha, yang pertama kali terdeteksi di negara itu musim gugur yang lalu. Varian delta sekarang membuat lebih dari 60% kasus baru di Inggris.

Pejabat kesehatan mengatakan ada laporan bahwa varian delta juga menyebabkan gejala yang lebih parah, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi kesimpulan tersebut. Namun, ada tanda-tanda bahwa strain delta dapat memicu gejala yang berbeda dari varian lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...