Terkendala Curah Hujan, Produksi Batu Bara per Juni Capai 271 Juta Ton

Image title
25 Juni 2021, 09:07
produksi batu bara, batu bara, harga batu bara, batu bara dalam negeri
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Jumlah produksi batu bara mencapai 43% dari target tahun ini pada Juni 2021.

Kementerian ESDM mencatat realisasi produksi batu bara nasional hingga Juni 2021 telah mencapai 271 juta ton atau 43% dari total target produksi tahun ini. Sementara realisasi pemanfaatan batu bara untuk kepentingan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) hingga Mei mencapai  52 juta ton.

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batu Bara Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Sujatmiko, mengatakan masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi perusahaan tambang terkait produksi. Salah satunya curah hujan yang masih cukup tinggi di operasional tambang.

Advertisement

"Kondisi operasional tambang dan pengangkutan batubara di beberapa lokasi masih diliputi adanya curah hujan yang masih tinggi," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (25/6).

Meski demikian, Sujatmiko optimistis target produksi mencapai 625 juta ton tahun ini dapat terpenuhi. Operasional tambang dan pengangkutan batu bara pada beberapa bulan mendatang akan lancar dengan cuaca yang diperkirakan lebih kering. 

Pemerintah sebelumnya memutuskan untuk menambah kuota produksi komoditas batu bara pada tahun ini sebesar 75 juta menjadi 625 juta ton. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 66.K/HK.02/MEM.B/2021.

 Tambahan produksi tersebut diprioritaskan untuk penjualan ke luar negeri dan tak terkena kewajiban penjualan untuk kepentingan dalam negeri atau DMO.

Pemerintah beralasan penambahan kuota diperlukan karena kinerja sektor pertambangan melemah akibat pandemi Covid-19 pada tahun lalu. Untuk itu, sektor industri ini membutuhkan dukungan ekstra melalui penambahan kuota batu bara untuk penjualan ke luar negeri pada 2021.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement