Filipina Perpanjang Pembatasan dan Larangan Masuk WNA 7 Negara

Cahya Puteri Abdi Rabbi
30 Juni 2021, 14:16
Filipina, pembatasan filipina, filipina lockdown, filipina larang wisatawan masuk
ANTARA FOTO/REUTERS/Lisa Marie David/hp/cf
Ilustrasi. Hingga Selasa (29/6), Filipina melaporkan 1.408.058 kasus terkonfirmasi Covid-19 dengan 24.557 kematian.

Pemerintah Filipina memperpanjang larangan masuk bagi wisatawan yang datang dari India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Oman, dan Uni Emirat Arab (UEA) hingga 15 Juli 2021. Pemerintahan yang dipimpin Rodrigo Duterte ini juga memperpanjang pembatasan pergerakan dan bisnis di Manila dan provinsi-provinsi terdekat untuk mencegah penularan covid-19.

"Ini merupakan salah satu langkah proaktif yang diberlakukan untuk menerapkan kontrol perbatasan internasional lantaran penyebaran virus Covid-19 varian Delta sedang meningkat," kata juru bicara Presiden, Harry Roque, saat konferensi pers, dikutip dari Xinhua pada Rabu (30/6).

Departemen Kesehatan Filipina menyatakan, negara tersebut mendeteksi varian Delta lebih menular pada sampel yang diambil dari 17 warga Filipina yang baru tiba. Salah satunya adalah seorang pelayar yang meninggal dunia.

Filipina awalnya menerapkan pembatasan perjalanan terhadap India sejak 29 April lalu akibat lonjakan kasus Covid-19 di negara itu. Otoritas kemudian memperluas larangan tersebut bagi wisatawan asal Bangladesh, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka mulai 7 Mei.

Roque mengatakan, pihaknya juga melarang kedatangan internasional dari Oman dan UAE terhitung sejak 15 Mei lalu. Larangan ini dikeluarkan setelah tenaga kerja Filipina yang terbang dari negara tersebut terbukti positif varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...