KAI Tambah Layanan Rapid Test Antigen di 45 Stasiun, Berikut Daftarnya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 Juli 2021, 08:03
test antigen, rapid test antigen, covid-19, KAI, stasiun melayani antigen
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas medis (kiri) melakukan tes usap antigen kepada calon penumpang KRL (Kereta Rel Listrik) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/6/2021). PT KAI Commuter melakukan tes acak kepada penumpang KRL dari tanggal 21-27 Juni 2021 guna mencegah penyebaran Covid-19.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah pelayanan rapid test antigen di 45 stasiun. Dengan demikian, terdapat 83 stasiun yang melayani tes cepat Covid-19 tersebut. 

"Penambahan 45 stasiun ini merupakan langkah KAI untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub No 42 Tahun 2021," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers, Senin (5/7).

Advertisement

Joni menjelaskan, penambahan stasiun yang melayani tes rapid antigen ini merupakan sinergi antara BUMN, KAI, dan Indofarma. Ia pun engimbau kepada calon pelanggan yang akan melakukan tes antigen di stasiun agar merencanakan dengan baik antara waktu tes dan jadwal keberangkatan guna menghindari keterlambatan. 

“Pada masa PPKM Darurat, KAI tetap menghadirkan layanan transportasi sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang tetap harus bepergian,” kata dia.

Mulai 5 hingga 20 Juli 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau rapid tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

“Khusus perjalanan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama,” ujarnya.

Berikut daftar 45 stasiun tambahan yang melayani rapid test antigen:

Wilayah Jawa 

Daop 1 Jakarta : Bekasi, Cikampek, Karawang

Daop 2 Bandung: Cimahi, Cipeundeuy, Cibatu, Purwakarta

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement