IHSG Diramal di Zona Merah Akhir Pekan, Ini Rekomendasi Saham Analis

IHSG masih dibayang-bayangi lonjakan kasus dan tingkat kematian akibat Covid-19.
Image title
9 Juli 2021, 07:15
IHSG, saham, kasus covid-19
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
IHSG pada perdagangan kemarin (8/7) ditutup turun 0,69% ke posisi 6.039.

Indeks  harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan menutup perdagangan pada pekan ini, Jumat (9/7) di zona merah. Pergerakan IHSG masih dibayang-bayangi lonjakan kasus dan tingkat kematian akibat Covid-19. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memperkirakan indeks akan turun dengan area support di level 6.018 dan 5.997. Sedangkan area resistance ada di level 6.101 dan 6.070.

Menurut dia,  investor perlu waspada dengan pergerakan IHSG yang masih dibayangi sentimen dari dalam negeri yakni jumlah kasus dan tingkat kematian covid-19 yang naik signifikan. "Serta masih harus mencermati dampak dari PPKM darurat," katanya.

Dennies merekomendasikan jual saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) untuk dijual. Indikator teknikal menunjukkan sinyal jual dengan sentimen negatif.

Advertisement

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan, pergerakan IHSG masih menunjukkan pola tekanan terbatas. Ia memperkirakan IHSG bergerak pada rentang level 5.913 dan 6.123.

Minimnya sentimen serta perlambatan roda perekonomian yang terjadi masih menjadi tantangan tersendiri bagi pasar modal Indonesia, sehingga belum terlihat adanya booster yang dapat mendorong kenaikan IHSG dalam beberapa waktu mendatang.

William mengatakan, momentum tekanan masih dapat terus dimanfaatkan oleh investor baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. "Dikarenakan dengan pergerakan fluktuatif yang terjadi dalam IHSG dapat dimanfaatkan untuk melakukan trading ataupun investasi jangka pendek," katanya.

Ada beberapa saham yang menurut William bisa menjadi perhatian pelaku pasar saham pada perdagangan hari ini, di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Astra International Tbk (ASII), dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

IHSG pada perdagangan kemarin (8/7) ditutup turun 0,69% ke posisi 6.039. Bursa saham Wall Street Nasdaq turun 0,72%, S&P 500 0,86%, dan Dow Jones 0,75%.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait