Cek Ketersediaan IGD RS Lewat Siranap 3.0, Data Diupdate Setiap 3 Jam

Agustiyanti
10 Juli 2021, 18:13
sinarap 3.0, sinarap, cek ketersediaan IGD RS, ketersediaan IGD rumah sakit
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap melayani pasien Covid-19 yang menunggu di pelataran untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, (23/6/2021). Sejak awal bulan Juni 2021 atau setelah libur lebaran hingga saat ini lonjakan pasien positif Covid-19 terus terjadi sehingga rumah sakit kewalahan dan kehabisan tempat perawatan.

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Indorelawan meluncurkan pembaruan sistem informasi rawat inap, Sinarap 3.0. Melalui pembaruan sistem ini, masyarakat dapat mengecek ketersediaan IGD rumah sakit untuk pasien Covid-19 dan non-Covid-19 yang diperbarui setiap tiga jam. 

Direktur Eksekutif IndoRelawan Marsya Nurmaranti menjelaskan, masyarakat saat ini sangat membutuhkan informasi ketersediaan IGD yang di-update secara cepat. Kebutuhan ini terutama meningkat di tengah lonjakan kasus Covid-19 saat ini. 

Advertisement

"Sinarap menjadi platform yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini untuk mengakses ketersediaan ruang IGD. Kami memutuskan untuk membantu dan berkontribusi dalam proses input data," ujar Marsya kepada Katadata.co.id, Sabtu (10/7). 

Ia menjelaskan, relawan yang bertugas memasukkan data kepada sistem tidak perlu terjun secara langsung ke setiap rumah sakit. Para relawan berkoordinasi dengan rumah sakit yang telah didata oleh Kementerian Kesehatan secara digital. 

"Kemenkes memberikan daftar rumah sakit yang sudah siap memberikan data kepada para relawan. Kemudian para relawan membuat grup WhatsApp bersama pihak rumah sakit untuk berkomunikasi,”  kata Marsya.

Namun, ia menjelaskan, pembaruan data secara cepat ini baru terlaksana untuk IGD rumah sakit yang berada di wilayah DKI Jakarta. Sementara data-data untuk wilayah lainnya masih mengandalkan pembaruan dari rumah sakit. 

 Marsya menjelaskan, terdapat 140 rumah sakit di DKI Jakarta yang datanya diperbarui oleh para relawan. Terdapat 280 orang relawan dari 300 pendaftar yang terlibat dalam program ini. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement