Indonesia Dinobatkan Negara Paling Dermawan karena Zakat

Abdul Azis Said
29 Juli 2021, 12:35
negara paling dermawan, Indonesia negara paling dermawan, zakat, donasi Covid-19
ANTARA FOTO/FB Anggoro/aww.
Indonesia menempati posisi pertama di dunia untuk tingkat donasi uang, kemungkinan didorong oleh pembayaran zakat.

Lembaga filantropi dunia Charities Aid Foundation (CAF) kembali memilih Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia. Indeks kedermawanan Indonesia terus meningkat dibanding periode sebelumnya sekalipun pandemi Covid-19 memukul perekonomian.

Dalam laporan bertajuk World Giving Index (WGI) yang dirilis bulan lalu tersebut, indeks kedermawanan Indonesia sepanjang tahun lalu tercatat 69%, naik sepuluh poin dari posisi tahun 2018 di skor 59%. Indeks tersebut merujuk pada persentase terhadap jumlah penduduk. Indonesia masih mempertahankan peringkatnya sebagai negara paling dermawan di dunia setelah survei sebelumnya pada tahun 2018 juga CAF memilih Indonesia pada peringkat pertama.

CAF menghitung tiga indikator kedermawan, yaitu ketersediaan untuk membantu orang asing, donasi uang, dan keterlibatan dalam volunteer. Indonesia berada di peringkat pertama pada indikator donasi dan volunteer. CAF mencatat 83% penduduk atau setiap delapan dari sepuluh orang Indonesia telah mendonasikan uangnya.

"Indonesia menempati posisi pertama di dunia untuk tingkat donasi uang, kemungkinan didorong oleh pembayaran zakat," tulis laporan tersebut seperti dikutip Katadata.co.id, Kamis, (29/7).

Tingkat keikusertaan dalam volunteer penduduk Indonesia tercatat 60%, skor ini tiga kali lipat lebih tinggi dari rata-rata global 19%. CAF mencatat antusiasme penduduk untuk menerapkan praktik 'gotong-royong' masih tinggi terutama di masa krisis kesehatan Covid-19. Sementara tingkat kebersediaan untuk membantu orang asing di Indonesia di peringkat 26 dunia dengan skor 65%. 

CAF juga mencatat sebagian besar negara maju justru mengalami penurunan skor indeks kedermawanan selama pandemi. Amerika Serikat (AS), Inggris dan Irlandia keluar dari daftar 10 negara paling dermawan di dunia. Padahal pada periode sebelumnya lebih dari separuh negara paling dermawan merupakan negara maju.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...