Moderna Klaim Vaksin Booster Menghasilkan Antibodi Kuat Melawan Delta

Agustiyanti
6 Agustus 2021, 08:28
moderna, vaksin booster, varian delta
ANTARA FOTO/REUTERS/Eduardo Munoz/Pool/foc/cf
Moderna menyatakan, vaksin dua dosis buatan mereka efektif 93% melawan Covid-19, dengan kemanjuran hingga enam bulan setelah dosis kedua.

Moderna mengatakan vaksin booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 buatan mereka menghasilkan respons antibodi yang kuat untuk melawan varian Delta.

Dalam uji coba fase kedua, Moderna sedang menguji dosis 50 mikrogram dari tiga kandidat vaksin booster pada individu yang sebelumnya divaksinasi. Perusahaan mengatakan, suntikan booster menghasilkan respons imun yang menjanjikan terhadap tiga varian, termasuk Delta, dibandingkan tingat antibodi pada orang yang sebelumnya tidak divansin dan menerima dosis 100 mikrogram. 

Perusahaan menyatakan, data telah diserahkan ke jurnal peer-review untuk publikasi.

Data baru tentang booster muncul saat varian Delta menyebar di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, varian ini menular seperti cacar air dan dapat membuat orang tua lebih sakit, bahkan jika mereka telah divaksinasi sepenuhnya.

Dalam slide yang menyertai laporan pendapatan Kamis, Moderna mengatakan pihaknya memperkirakan varian tersebut akan mengarah pada peningkatan infeksi terobosan, yang terjadi pada individu yang divaksinasi.

“Meskipun kami melihat kemanjuran fase 3 yang tahan lama hingga 6 bulan, kami berharap titer penetralisir akan terus berkurang dan pada akhirnya berdampak pada kemanjuran vaksin,” kata perusahaan, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (6/8). 

Moderna menilai vaksin booster dibutuhkan, terutama untuk menghadapi musim dingin. AS sudah menemukan cara untuk mengamankan suntikan booster di tengah kekhawatiran tentang Delta. 

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia pada Rabu meminta negara-negara kaya untuk menghentikan distribusi suntikan penguat Covid-19, dengan alasan ketidakadilan vaksin di seluruh dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...