Setengah Abad Dikelola Chevron, Pertamina Resmi Ambil Alih Blok Rokan

Agustiyanti
9 Agustus 2021, 06:56
Blok Rokan, Pertamina, Alih kelola Blok rokan, produksi blok rokan
Medco Energi
Ilustrasi. Blok Rokan berkontribusi 24% terhadap total produksi migas di Indonesia.

PT Pertamina Hulu Rokan resmi menjadi perusahaan pengelola lapangan minyak bumi di Blok Rokan, Provinsi Riau pada hari ini, Senin (9/8). Operasional wilayah kerja itu beralih ke Pertamina Hulu Rokan setelah dikelola PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) selama 50 tahun. 

"Ini merupakan momen yang sangat bersejarah untuk kita semua. Blok Rokan hari ini resmi dikelola oleh Pertamina yang tentunya akan menunjang ketahanan energi nasional," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam sambutan virtual pada acara Alih Kelola Wilayah Kerja Rokan pada Senin (9/8) seperti dikutip dari Antara. 

Nicke menjelaskan, Blok Rokan 24% bagi produksi minyak dan gas nasional. Menurutnya, pengelolaan Blok Rokan kepada Pertamina sebagai perusahaan BUMN akan memberikan manfaat yang lebih luas bagi negara baik dari sisi pengelolaan maupun penerimaan negara.

"Pertamina juga memiliki amanah untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai produksi minyak mentah 1 juta barel per hari tahun 2030," ujar Nicke.

Pertamina Hulu Rokan akan mengelola tambang migas tertua di bumi Lancang Kuning tersebut selama 20 tahun ke depan. Perpindahan alih kelola itu sesuai dengan amanat yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Menteri ESDM pada tahun 2018.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan upaya alih kelola telah berlangsung sejak dua tahun lalu.  “Ini merupakan hal penting bagi bangsa dan negara mengingat Wilayah Kerja Rokan saat ini masih mendukung 24 persen produksi nasional dan diharapkan tetap menjadi wilayah kerja andalan Indonesia,” ucap Dwi Soetjipto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...