Pertamina Siapkan Rp 29 Triliun untuk Investasi Blok Rokan Hingga 2025

Image title
9 Agustus 2021, 08:32
Blok Rokan, Pertamina, Blok Migas, Chevron
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi. Pertamina Hulu Energi akan melakukan kegiatan pengeboran pada 161 sumur di Blok Rokan pada tahun ini, termasuk komitmen CPI sebelumnya.

PT Pertamina berencana menggelontorkan investasi US$ 2 miliar atau setara Rp 28,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dolar AS) untuk Blok Rokan hingga 2025. BUMN migas ini resmi mengambil alih Blok Rokan melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mulai hari ini (9/8) setelah dikelola PT Chevron Pacific Indonesia selama 50 tahun. 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Chevron di Blok Rokan. Salah satunya, yakni melakukan kegiatan pengeboran sumur secara masif.

Advertisement

Hingga akhir tahun ini, menurut dia, PHR akan melakukan kegiatan pengeboran pada 161 sumur yang termasuk dalam komitmen CPI sebelumnya. PHR kemudian akan mengebor kembali sebanyak 500 sumur pada 2022.

"Pertamina sudah menetapkan anggaran lebih dari US$ 2 miliar hingga 2025," kata Nicke dalam diskusi virtual Alih Kelola Blok Rokan, Minggu (8/8). 

Ia menjelaskan, Blok Rokan masih menyimpan potensi migas non konvensional yang dapat menunjang produksi. Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh manajemen agar menjalankan upaya terbaik dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Pertamina memiliki amanah, antara lain untuk mendukung program pemerintah mencapai target 1 juta barel pada 2030," ujarnya.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, alih kelola Pengelolaan Blok Rokan dari  Chevron ke Pertamina merupakan salah satu tonggak sejarah industri hulu migas di Indonesia. Pertamina diharapkan meneruskan dan mengembangkan keberhasilan Chevron mengelola Blok Rokan. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement