Luhut Sebut Pemerintah Dukung Cina Investasi Bidang Kesehatan di RI

Agustiyanti
12 Agustus 2021, 09:00
Luhut, investasi cina, alat kesehatan, rumah sakit
Menko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tidak ada satu negara pun di dunia yang dapat melawan pandemi ini sendirian.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pemerintah akan mendukung masuknya investasi Cina di bidang kesehatan ke Indonesia. Investasi ini dapat mencakup produksi vaksin, alat kesehatan, hingga pembangunan rumah sakit. 

"Tidak ada satu negara pun di dunia yang dapat melawan pandemi ini sendirian. Kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan antarnegara untuk dapat melawan wabah ini ke depan," kata Luhut dalam penyerahan donasi bantuan medis dari Pemerintah Cina pada Selasa (10/8), seperti dikutip dari Antara. 

Indonesia kembali menerima donasi bantuan medis untuk penanganan Covid-19 Pemerintah Cina. Donasi diberikan dalam bentuk alat kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, oxygen nasal cannulas, dan oxygen face mask, yang menjadi alat krusial dalam melawan pandemi di tengah penyebaran varian Delta.

Bantuan Pemerintah Cina itu diserahkan oleh Duta Besar Ciina untuk RI Xiao Qian dan perwakilan Huawei kepada Pemerintah Indonesia yang diwakili Luhut  dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. "Mewakili pemerintah Indonesia, saya menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Pemerintah Cina, Huawei, dan China Eastern Airlines, atas kerja sama yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia dan masyarakatnya," kata Menko Luhut.

Dubes Xiao Qian mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia turut menjadi perhatian Pemerintah China. Bantuan medis sebagian telah dikirim pada Senin (9/8) dan sisanya akan sampai pada hari Jumat (13/8) mendatang. "Pemerintah China dan Indonesia merupakan teman, tetangga, dan juga rekanan yang baik. Dalam menghadapi pandemi, dukungan ini merupakan bukti persahabatan serta solidaritas dari China kepada Indonesia," kata  Xiao Qian.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...