Tingkat Kesembuhan Covid-19 Naik Jadi 91%, Pemerintah Apresiasi Nakes

Agustiyanti
29 Agustus 2021, 08:16
covid-19, pandemi covid-19, nakes, tenaga kesehatan
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Berdasarkan data IDI hingga 3 Agustus, sedikitnya 640 dokter meninggal akibat Covid-19. Hampir sepertiga di antaranya meninggal pada Juli saat terjadi lonjakan kasus.

Pemerintah mencatat, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat dalam sepekan terakhir dan mencapai 91% pada Jumat (27/8). Kenaikan angka kesembuhan ini tak lepas dari kerja keras tenaga kesehatan dan relawan yang memiliki andil besar dalam penanganan pandemi Covid-19. 

“Tingginya tingkat kesembuhan pasien ini tak lepas dari perjuanga para tenaga kesehatan juga relawan yang bekerja keras  dalam merawat pasien Covid-19. Tugas mereka di lapangan sangat berisiko menyebabkan dirinya dan orang-orang terdekatnya terpapar virus, bahkan hingga kehilangan nyawa,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam keterangan pers. 

Advertisement

Ia menjelaskan, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 menunjukkan peningkatan. Jika dilihat pada periode 20 Agustus–27 Agustus, rata-rata jumlah pasien COVID-19 yang sembuh selalu berada di atas 25.000 pasien. Tingkat kesembuhan tertinggi tercatat pada tanggal 25 Agustus dengan 35.082 pasien.

 

Sementara hingga 27 Agustus 2021, angka kumulatif kesembuhan mencapai 3,68 juta. Dengan total kasus konfirmasi hingga tanggal tersebut adalah 4,06 juta kasus, maka angka kesembuhan Covid-19 di Indonesia hingga 27 Agustus mencapai 91%. 

“Kita semua harus bersyukur, perkembangan penanganan pandemi Covid-19 secara nasional menunjukkan hasil yang baik. Angka kesembuhan 91% ini cukup tinggi,” kata Johnny. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement