Kasus Covid-19 di India Kembali Melonjak Akibat Festival Lokal

Lonjakan kasus kembali terjadi di India, terutama di wilayah Karela setelah festival besar digelar.
Image title
29 Agustus 2021, 17:25
india, covid-19, kasus covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/HP/dj
Danish Siddiqui SEARCH "SIDDIQUI AGGARWAL" FOR THIS STORY. SEARCH "WIDER IMAGE" FOR ALL STORIES/File Photo SEARCH "SIDDIQUI ROUNDUP" FOR THIS STORY. SEARCH "WIDER IMAGE" FOR ALL STORIES Rohan Aggarwal, 26, seorang dokter residen merawat pasien terinfeksi virus corona (COVID-19), menunduk ke arah pasien selama shift 27 jamnya di Rumah Sakit Holy Family di New Delhi, India, 1 Mei 2021.

India melaporkan kasus baru Covid-19 pada Minggu (29/8) mencapai 45.083. Angka kematian juga bertambah 460 orang dalam 24 jam terakhir. 

Mengutip Reuters, total kasus di negara dengan penduduk terbesar kedua di dunia ini mencapai 32,8 juta, sedangkan total kematian mencapai 437.830 orang. 

Lonjakan kasus terutama terjadi di Karela setelah festival besar digelar di wilayah tersebut. Pemerintah negara bagian tersebut melaporkan 31.265 infeksi baru pada Sabtu malam (28/8), mencakup hampir 70% kasus harian baru di India. 

India berencana kembali mengunci daerah-daerah yang terkena dampak parah dan membatasi pergerakan masyarakat, terutama untuk layanan penting dan keadaan darurat. Negara ini juga tengah mempercepat pelaksanaan vaksinasi. 

Advertisement

India mencatatkan rekor nasional vaksinasi Covid-19 dengan menyuntikkan 10 juta dosis vaksin pada Jumat (29/8). Negara di Asia Selatan ini kini telah memberikan 628 juta dosis vaksin secara total. Lebih dari separuh orang dews di India yang mencapai 944 juta telah memperoleh satu dosis vaksin, sedangkan vaksin dua dosis telah diperoleh 15% penduduk dewasa.

Produksi vaksin India melonjak bulan ini, terutama berkat Serum Institute of India yang saat ini membuat sekitar 150 juta dosis vaksin AstraZeneca (AZN.L) versinya setiap bulan.

Peningkatan tajam dalam vaksinasi terjadi ketika India melaporkan lebih dari 40.000 infeksi baru untuk hari kedua berturut-turut pada hari Jumat.

Kasus telah turun ke level terendah lima bulan di 25.166 pada pertengahan bulan tetapi telah meningkat tajam dalam sepekan terakhir, terutama di negara bagian selatan Kerala yang baru-baru ini mengadakan festival besar di mana keluarga biasanya berkumpul.

Laporan Worldometers menunjukkan, India masih menempati urutan pertama dengan total kasus Covid-19 sebanyak 32.448.969 kasus pada Senin (23/8). Peringkat selanjutnya, yakni Turki dan Iran dengan total kasus corona masing-masing sebanyak 6.215.663 kasus dan 4.677.114 kasus. Sementara Indonesia berada di peringkat keempat. 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait