Kuba Jadi Negara Pertama Beri Vaksin Covid-19 ke Anak Usia 2 Tahun

Agustiyanti
8 September 2021, 06:37
kuba, vaksinasi anak, vaksin covid-19
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi. Kuba berencana memvaksinasi semua anak-anak sebelum membuka kembali sekolah yang sebagian besar telah ditutup sejak Maret 2020.

Kuba menjadi negara pertama yang memvaksinasi anak-anak dari usia dua tahun menggunakan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri yang tidak diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Negara komunis berpenduduk 11,2 juta orang itu bertujuan untuk menginokulasi semua anak-anak sebelum membuka kembali sekolah yang sebagian besar telah ditutup sejak Maret 2020. Tahun ajaran baru dimulai pada Senin (6/9), tetapi masih dilakukan dari rumah melalui program televisi karena sebagian besar rumah di Kuba tidak memiliki akses internet.

Setelah menyelesaikan uji klinis pada anak di bawah umur dengan vaksin Abdala dan Soberana, Kuba memulai kampanye inokulasi untuk anak-anak pada hari Jumat (3/9). Ini dimulai dengan mereka yang berusia 12 tahun ke atas.

Pada hari Senin, Kuba mulai mendistribusikan suntikan pada kelompok usia 2-11 di provinsi tengah Cienfuegos.

Beberapa negara lain di dunia memvaksinasi anak-anak dari usia 12 tahun, dan beberapa melakukan uji coba pada anak-anak yang lebih muda. Negara-negara seperti Cina, Uni Emirat Arab dan Venezuela telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk memvaksinasi anak-anak yang lebih kecil, tetapi Kuba adalah yang pertama melakukannya.

Cili pada Senin menyetujui vaksin Sinovac Cina untuk anak-anak antara 6 dan 12. Sementara beberapa negara Amerika Latin hanya menyetujui vaksin Pfizer untuk anak-anak berusia 12 tahun ke atas. Cina telah mengesahkan vaksin Sinovac dan Sinopharm untuk anak-anak usia 3 hingga 17 tahun.

Vaksin Kuba, yang merupakan Vaksin Covid-19 pertama yang dikembangkan di Amerika Latin, belum menjalani tinjauan sejawat ilmiah internasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...