WHO Perpanjang Moratorium Vaksin Booster, Kesenjangan Masih Besar

Agustiyanti
9 September 2021, 08:10
vaksin booster, WHO, vaksin covid-19
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
WHO mencatat, sekitar 5,5 miliar dosis vaksin telah diberikan secara global, tetapi 80% diberikan di negara-negara berpenghasilan tinggi atau menengah ke atas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperpanjang moratorium dosis booster untuk vaksin Covid-19 hingga setidaknya akhir tahun ini. WHO sebelumnya mendesak para pemimpin dunia untuk menunda pemberian vaksin booster hingga akhir September.

“Ada sedikit perubahan dalam situasi global sejak itu. Jadi hari ini saya menyerukan perpanjangan moratorium hingga setidaknya akhir tahun untuk memungkinkan setiap negara memvaksinasi setidaknya 40% dari populasinya,” ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pengarahan pada hari Rabu (9/9), seperti dikutip dari CNBC. 

 “Saya tidak akan tinggal diam ketika perusahaan dan negara yang mengendalikan pasokan vaksin global dan berpikir bahwa orang miskin dunia harus puas dengan sisa vaksin,” kata Tedros.

Sebanyak 70% dari kelompok negara maju telah memvaksinasi setidaknya 40% dari populasi mereka, sedangkan 20% lainnya telah memvaksinasi sedikitnya 10% pupulasi.  “Tidak ada satu pun negara berpenghasilan rendah yang mencapai kedua target tersebut. Itu bukan salah mereka,"  kata Tedros. 

Ia menagih janji negara-negara berpenghasilan tinggi untuk  menyumbangkan lebih dari 1 miliar dosis untuk program COVAX. Namun, realisasinya hingga kini masih kurang dari 15% dosis yang dijanjikan,  “Produsen telah berjanji untuk memprioritaskan COVAX dan negara-negara berpenghasilan rendah," ujarnya. 

Tedros mengatakan bahwa WHO telah menyerukan kesetaraan sejak awal peluncuran vaksin. “Kami tidak ingin janji lagi, kami hanya ingin vaksinnya,” kata Tedros.

Sejumlah negara maju sedang mempersiapkan vaksin booster kepada seluruh warganya. Amerika Serikat rencananya akan memulai distribusi vaksin Pfizer untuk booster pada 20 September.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...