Jokowi Puji Peran Partai Demokrat dalam Perjalanan Demokrasi RI

Presiden Jokowi menilai Partai Demokrat merupakan bagian penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia.
Image title
10 September 2021, 10:07
jokowi, partai demokrat, joko widodo
ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres/Handout/wsj.
Presiden Joko Widodo mengapresiasi peran Partai Demokrat yang membantu meringankan beban masyarakat selama pandemi meski bukan bagian dari koalisi.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 Partai Demokrat pada Kamis (10/9) secara virtual. Dalam pidatonya pada acara HUT tersebut, Jokowi menilai Partai demokrat merupakan bagian penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia. 

"Partai Demokrat juga menjadi bagian dalam menjaga perdamaian, persatuan, dan kesatuan serta jadi bagian dalam memperjuangkan keadilan, kesejahteraan, dan pembangunan yang berkelanjutan," ujar Jokowi, seperti dikutip dari Antara. 

Ia juga mengapresiasi peran Partai Demokrat yang membantu meringankan beban masyarakat selama pandemi meski bukan bagian dari koalisi. Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, persetujuan terkait anggaran negara di DPR tak mengalami banyak hambatan. 

Jokowi pun berharap Partai Demokrat terus membangun demokrasi yang sehat dan berkualitas di Indonesia. Ia mengajak keluarga besar Partai Demokrat untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan mengerahkan kekuatan menuju Indonesia maju.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang turut hadir dalam acara tersebut juga mengapresiasi peran Partai Demokrat selama ini. "Saya memberi apresiasi kepada Partai Demokrat yang selama 20 tahun menjalankan peran sebagai partai pengawal reformasi, dan tidak terpisahkan dari konsolidasi demokrasi dan kemajuan pembangunan di Indonesia," kata Ma'ruf. 

Ia berharap  Partai Demokrat tetap berkomitmen membangun demokrasi di Tanah Air, baik secara prosedural maupun substantif. "Kiranya Partai Demokrat sebagai partai politik besar tetap mengutamakan kepentingan rakyat, mewujudkan partisipasi politik yang luas dan inklusif, mengawal kesatuan nasional, dan menumbuhkan demokrasi yang lebih baik," kata Ma’ruf Amin.

Partai Demokrat memperingati hari jadinya ke-20 secara terbatas di JCC, Jakarta, yang juga diikuti secara virtual oleh lebih dari 10.000 kadernya di berbagai daerah se-Indonesia.

Dalam kegiatan itu, Partai Demokrat memberi penghargaan kepada sejumlah tokoh senior partai karena mereka berjasa menjaga keutuhan partai. Dari beberapa tokoh yang mendapat penghargaan, di antaranya adalah Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Jenderal TNI (Purn.) Susilo Bambang Yudhoyono dan almarhumah Ani Yudhoyono.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait