Wamenkeu Ingatkan Kasus Covid-19 Turun Bukan Berarti Virus Hilang

Agustiyanti
17 September 2021, 11:59
covid-19, pandemi corona, virus corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, lonjakan kasus akibat penyebaran varian Delta yang terjadi pada Juli lalu menjadi pembelajaran bagi Indonesia.

 

Indonesia mencatatkan tren penurunan kasus Covid-19 setelah mencapai puncaknya pada pertengahan Juli 2021. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengingatkan, Indonesia tetap harus waspada dengan potensi kembali terjadinya kenaikan kasus Covid-19 seperti yang saat ini dialami banyak negara. 

“Kalau penularan sedang turun, bukan berarti penularan  hilang. Bisa naik lagi jika kita tidak berjaga-jaga dengan baik. Jadi kasus ini bisa naik, bisa turun,” ujar Suahasil dalam Seminar Wealth Wisdom 2021 yang diselenggarakan Bank Permata bekerja sama dengan Katadata pada Jumat (17/9).

Suahasil mengatakan, lonjakan kasus akibat penyebaran varian Delta yang terjadi pada Juli lalu menjadi pembelajaran bagi Indonesia. Virus dapat bermutasi dan menular dengan sangat cepat. 

Pada puncak kasus Covid-19 Juli lalu, Indonesia bahkan mencatatkan tambahan kasus mencapai lebih dari 50 riba dalam satu hari. Namun berangsur turun setelah dilakukan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Kalau kita serius menerapkan protokol kesehatan, kasus Covid-19 bisa turun. Kita bisa lihat di berbagai kabupaten dan provinsi, angkanya konsisten turun,” kata Suahasil. 

Menurut Suahasil, grafik kasus dan mobilitas masyarakat selama ini berada pada tren yang sama. Saat mobilitas masyarakat meningkat, maka tren kasus akan meningkat. Sebaliknya, saat mobilitas menurun, maka tren kasus akan menurun. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...