Menkes Optimistis 170 Juta Orang Sudah Dapat Vaksin Akhir Tahun Ini

Agustiyanti
18 September 2021, 14:50
vaksin covid-19, vaksin, budi gunadi sadikin
Katadata
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan dapat melaksanakan vaksinasi terhadap 208 juta penduduk Indonesia.

Pemerintah mencatat baru terdapat 78 juta orang yang setidaknya menerima satu dosis vaksin Covid-19 hingga saat ini. Meski demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin optimistis sekitar 150 juta hingga 170 juta orang sudah mendapatkan suntikan vaksin pada akhir tahun ini. 

“Kalau melihat kecepatan vaksinasi saat ini dengan akselerasi seharusnya sudah mencapai 300 juta dosis dari target 400 juta dosisi di akhir Desember. Hitung-hitungan kami 150-170 juta orang surah divaksin tau lebih dari 70% target populasi,” ujar Budi dalam Wealth Wisdom 2021: How to Live with Covid-19 in The Long Run yang diselenggarakan Bank Permata bekerja sama dengan Katadata, Sabtu (18/9).

Pemerintah menargetkan dapat melaksanakan vaksinasi terhadap 208 juta penduduk Indonesia. Target ini, menurut Budi naik dari rencana awal sebanyak 181,5 juta orang lantaran Indonesia mulai memberikan vaksinasi kepada anak di atas 12 tahun. “Jika menggunakan target sebelumnya, kita sudah mencapai 43%, tetapi dengan target baru angkanya mencapai 37,5%,” kata dia. 

Total vaksinasi Covid-19 yang sudah disuntikkan hingga saat ini mencapai 123 juta dosis. Ini mencakup 78 juta vaksin dosis pertama dan 44,4 juta vaksin dosis kedua. Pemerintah menargetkan dapat menyuntikkan sedikitnya 300 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini. 

Budi pun mengkritik prediksi yang dibuat sejumlah pihak terkait kemungkinan vaksinasi di Indonesia yang baru akan rampung dalam 10 tahun. Prediksi tersebut, menurut dia, dibuat di awal pelaksanaan vaksinasi di Indonesia saat pemerintah hanya menyuntikkan 100 ribu dosis vaksin per hari. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...