The Fed Akan Segera Tapering Off, Kenaikan Bunga Bisa Lebih Cepat

Abdul Azis Said
23 September 2021, 09:20
Powell, the fed, the federal reserve, tapering off
Reuters
The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan The Fed siap untuk memulai pengetatan kebijakan monternya apabila risiko yang muncul dapat menghambat berbagai pemulihan.

Bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed) mempertahankan suku bunga acuan mendekati nol tetapi mengindikasikan bahwa kenaikan suku bunga bisa datang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Namun, The Fed juga belum memberi waktu yang pasti terkait rencana pengurangan stimulus atau tapering off yang sudah direncanakan sebelumnya.

The Fed dalam rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Rabu dini hari mengindikasikan bahwa mereka akan 'segera' menarik kembali pembelian aset senilai US$ 120 miliar yang sudah dibeli sejak tahun lalu. Namun, tidak ada pernyataan kapan itu akan dimulai.

"Jika kemajuan berlanjut secara luas seperti yang diharapkan, komite menilai bahwa moderasi dalam laju pembelian aset akan segera dilakukan," kata Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pernyataan usai rapat FOMC seperti dikutip dari CNBC, Kamis (23/9)

Meski demikian, responden survei CNBC baru-baru ini mengatakan mereka memperkirakan pengurangan pembelian obligasi akan diumumkan pada November dan dimulai pada Desember. The Fed akan kembali menggelar pertemuan yang dijadwalkan 2-3 November mendatang, dan diperkirakan baru akan mengumumkan tapering off  dalam pertemuan tersebut.

Powell mengatakan, The Fed siap untuk mulai bergerak. Meskipun tidak ada perubahan keputusan yang signifikan pada pertemuan kali ini, para anggota rapat umumnya memandang bahwa selama pemulihan tetap di jalurnya, proses tapering off berupa pengurangan pembelian aset kemungkinan akan berakhir pertengahan tahun depan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...