IMF Peringatkan Pemerintah Buat Rencana Fiskal Tekan Utang Era Pandemi

Agustiyanti
8 Oktober 2021, 13:04
IMF, utang
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi. IMF mengingatkan, setiap negara harus memastikan waktu dan kecepatan konsolidasi fiskal yang tepat.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengingatkan pemerintah di berbagai negara untuk mulai merencanakan kembali anggaran yang lebih berkelanjutan, setelah menarik utang besar-besaran untuk memberikan stimulus pada perekonomian. Setiap negara harus memastikan waktu dan kecepatan konsolidasi fiskal yang tepat. 

Menurut IMF, rencana fiskal yang dibuat setiap negara harus mempertimbangkan tahapan pandemi, kerentanan fiskal, kebutuhan pembangunan, tekanan populas yang menua, hingga kesulitan historis pemeirntah dalam mengumpulkan pendapatan. 

“Ada negara-negara di mana pandemi masih berkecamuk dan oleh karena itu prioritasnya tetap darurat kesehatan,” ujar wakil direktur urusan fiskal IMF Paulo Mauro seperti dikutip dari Reuters, Jumat (8/10). 

Sementara negara-negara lain dengan kegiatan ekonomi yang meningkat, menurut dia, dapat mulai memikirkan secara bertahap bagaimana mengurangi tingkat dukungan fiskal terhadap perekonomian. 

Salah satu bab Monitor Fiskal IMF berjudul “Memperkuat Kredibilitas Keuangan Publik” mengatakan bahwa negara-negara yang berkomitmen untuk keberlanjutan fiskal jangka menengah dengan kerangka anggaran yang kredibel akan dihargai dengan biaya pinjaman yang lebih rendah dan kemampuan yang lebih besar untuk membiayai kembali utang.

“Apa yang kami temukan dalam laporan ini adalah pemerintah dapat berkomitmen secara kredibel terhadap keberlanjutan fiskal, yang memberi mereka waktu dan itu memberi mereka fleksibilitas dalam periode pandemi yang sangat sulit ini,” kata Mauro.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...