Sydney Mulai Hidup Berdamai dengan Covid-19 Setelah 100 Hari Lockdown

Sydney mulai dibuka kembali setelah 100 hari lockdown karena Australia ingin mulai hidup dengan virus corona melalui vaksinasi yang lebih tinggi dan membuka kembali negaranya secara bertahap.
Image title
11 Oktober 2021, 07:31
sydney, lockdown, kasus covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/hp/cf
Ilustrasi. Lebih dari 5 juta penduduk di Sydney merasakan pembatasan ketat sejak Juni untuk menahan laju penularan varian Delta yang sejak itu menyebar ke Melbourne dan ibu kota, Canberra.

Kafe, pusat kebugaran, dan restoran Sydney menyambut kembali pelanggan yang divaksinasi penuh pada Senin (11/10) setelah hampir empat bulan penguncian wilayah atau lockdown. Pelonggaran mobilitas dilakukan karena Australia ingin mulai hidup dengan virus corona melalui vaksinasi yang lebih tinggi dan secara bertahap membuka kembali negara tersebut.

Tayangan televisi dan media sosial menunjukan, banyak orang berkerumun dengan teman dan keluarga untuk minum bir tengah malam saat beberapa pub di Sydney, kota terbesar di Australia, dibuka pada pukul 12:01 pagi pada Senin. 

"Saya pikir semua orang di seluruh negara bagian ini cukup bersemangat setelah 100 hari yang panjang," kata Perdana Menteri negara bagian New South Wales, Dominic Perrottet kepada Seven News pada Senin (11/10) seperti dikutip Reuters.

Lebih dari 5 juta penduduk di Sydney merasakan pembatasan ketat sejak Juni untuk menahan laju penularan varian Delta yang sejak itu menyebar ke Melbourne dan ibu kota, Canberra.  Namun, Perrottet mendesak warga Sydney untuk meredam kegembiraan mereka saat pelonggaran dilakukan.  Ia memperingatkan bahwa penularan Covid-19 akan meningkat setelah dibuka kembali.

Di bawah aturan yang dilonggarkan, 10 orang yang divaksinasi lengkap dapat berkumpul di rumah, sedangkan 100 orang dapat menghadiri pernikahan dan pemakaman. Toko ritel dapat dibuka dengan kapasitas yang dikurangi karena negara bagian mendorong untuk mencapai tingkat vaksin 80% sekitar akhir Oktober, ketika lebih banyak pembatasan akan dilonggarkan. Tetapi yang tidak divaksinasi harus tetap di rumah sampai 1 Desember.

 

 

New South Wales, rumah bagi Sydney, mencabut aturan lockdown setelah mencapai target 70% dari vaksinasi penuh untuk populasi orang dewasanya. Negara-negara bagian bebas virus lainnya mengawasi seperti apa hidup dengan Covid-19.

Dengan peluncuran vaksin mendapatkan momentum, Australia merencanakan kembali normal, membiarkan penduduk yang divaksinasi penuh masuk dan meninggalkan negara itu secara bebas mulai November, meskipun New South Wales berencana untuk memajukan tanggal tersebut.

Mengutip The Sydney Morning Herald, Perrottet mengatakan telah berbicara dengan Perdana Menteri Negara Bagian Victoria Daniel Andrews untuk membuka kembali perbatasan kedua negara bagian  pada akhir pekan ini .

Ia mengatakan, Victoria berada beberapa minggu di belakang NSW dalam hal jumlah kasus dan memiliki peta jalan "sedikit lebih konservatif" untuk pembukaan kembali.“Saya ingin perbatasan Victoria dan NSW dibuka secepat mungkin,” katanya.

Perottet mencatat bahwa Negara Bagian Andrews telah menyatakan sentimen yang sama, meskipun fokus utamanya adalah mengelola kasus yang meningkat dan rawat inap.

Menurut dia, pembukaan antarnegara bagian maupun internasional, akan membantu mengurangi kekurangan tenaga kerja serta memulai kembali industri pariwisata.

 

Pembicaraan telah terjadi antara pemerintah federal untuk memungkinkan lebih banyak pelancong yang kembali untuk dikarantina di rumah. Konfirmasi diberikan Perrottet menyusul laporan bahwa perbatasan negara bagian dapat dibuka kembali untuk kedatangan luar negeri yang divaksinasi sepenuhnya pada 1 November.

“Karena tingkat vaksinasi kami lebih tinggi, dan kami memimpin negara keluar dari ini, kami dapat membantu negara bagian lain dalam hal kepulangan warga Australia. Jika kita bisa membawa pulang sebanyak mungkin orang Australia pada hari Natal, itu akan menjadi hal yang luar biasa,” katanya. 

 

Mengutip The Sydney Morning Herald,  New South Wales pada Senin (11/10)  melaporkan 496 kasus lokal baru dan 8 kematian. Dua kasus tambahan terdeteksi di karantina hotel.

Saat ini, ada 769 pasien virus corona di rumah sakit NSW. Dari jumlah tersebut, 153 berada di ICU.

Lebih dari 90% orang berusia 16 tahun dan lebih tua telah memiliki satu dosis vaksin Covid-19, sementara 73,5 persen orang berusia 16 dan lebih tua memiliki dua dosis vaksin Covid-19.



 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait