Vaksinasi Capai Target, Sydney Lebih Banyak Longgarkan Pembatasan

Sydney melonggarkan lebih banyak pembatasan hanya seminggu setelah mencabut karantina wilayah (lockdown) Covid-19 seiring vaksinasi yang mencapai target.
Image title
18 Oktober 2021, 07:23
sydney, pelonggaran pembatasan, covid-19
Adek Media Roza|KATADATA
Ilustrasi. Vaksinasi yang lebih cepat dari perkiraan mendorong pelonggaran pembatasan lebih lanjut di Sydney dalam beberapa hari terakhir.

Ribuan anak kembali ke sekolah-sekolah di Sydney pada hari Senin (18/10) setelah hampir empat bulan belajar di rumah. Kota terbesar di Australia itu melonggarkan lebih banyak pembatasan hanya seminggu setelah mencabut karantina wilayah (lockdown) Covid-19 seiring vaksinasi yang telah mencapai target.

Vaksinasi yang lebih cepat dari perkiraan mendorong pelonggaran pembatasan lebih lanjut di Sydney dalam beberapa hari terakhir. New South Wales (NSW), rumah bagi Sydney telah mencapai tingkat vaksinasi 80% dari total seluruh warganya yang berusia 16 tahun ke atas pada akhir pekan lalu.  Pihak berwenang telah berjanji untuk mulai mengurangi pembatasan bertahap saat vaksinasi mencapai 70%, 80% dan 90%.

Warga Sydney akan diperbolehkan melepas masker di kantor, lebih banyak orang dapat berkumpul di rumah dan di luar rumah. Toko ritel, pub, dan pusat kebugaran dibuka untuk pelanggan yang sudah divaksin. Klub malam dapat dibuka kembali untuk minum sambil duduk dan pernikahan dapat memiliki tamu tanpa batas.

Siswa pendidikan anak usia dini, serta kelas 1 hingga 12 kembali ke kelas, sementara yang lainnya akan kembali minggu depan.

Advertisement

Infeksi harian di New South Wales melanjutkan tren penurunan pada Senin seiring penurunan kasus ke level terendah dalam 10 pekan sebanyak 265 kasus, anjlok dari 1.599 kasus baru pada awal September. Negara ini sempat memiliki nol kasus pada sepanjang tahun ini hingga varian Delta masuk pada Juni. 

Negara tetangga Victoria melaporkan 1.903 kasus baru, naik dari 1.838 sehari sebelumnya. Otoritas negara bagian mengungkapkan pada hari Minggu bahwa Melbourne, ibu kota negara bagian, akan keluar dari pengunciannya pada Jumat karena negara bagian tersebut bersiap untuk mencapai target vaksinasi 70% dalam beberapa hari. 

Sebanyak 5 juta penduduk Melbourne telah mengalami penguncian yang diperpanjang sejak 5 Agustus, keenam kalinya selama pandemi. Mereka telah menghabiskan sekitar sembilan bulan di bawah pembatasan tinggal di rumah sejak Maret 2020 - yang terpanjang di dunia, menurut media Australia.

Australia telah beralih dari strategi penekanan Covid-19 setelah mengakui strain Delta terlalu ganas untuk ditahan. Namun, beberapa negara bagian yang bebas virus telah menandai bahwa mereka dapat menunda bahkan setelah lebih banyak inokulasi karena kekhawatiran pembukaan kembali dapat membanjiri sistem kesehatan mereka.

Total terdapat 143 ribu kasus dan 1.531 kematian di Australia, jumlah ini relatif rendant dibandingkan banyak negara lainnya. 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait