Masjidil Haram Hilangkan Aturan Jaga Jarak, Saf Salat Kembali Rapat

Cahya Puteri Abdi Rabbi
18 Oktober 2021, 08:10
masjidil haram, makkah, salat, saf salat, pandemi covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Ministry of Media/Handout /pras/dj
Ilustrasi. Orang-orang mulai melaksanakan salat berdampingan dan membuat saf lurus untuk pertama kalinya di Majidil Haram, Makkah sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi kembali beroperasi dengan kapasitas penuh pada Minggu (17/10). Penghapusan aturan jaga jarak membuat jamaah melaksanakan salat dengan saf rapat untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 melanda.

Para pekerja menghapus tanda-tanda lantai yang memandu orang-orang untuk menjaga jarak sosial di dalam dan di sekitar Masjidil Haram, yang dibangun di sekitar Ka'bah.

“Ini sejalan dengan keputusan untuk melonggarkan tindakan pencegahan dan mengizinkan jamaah dan pengunjung Masjidil Haram dengan kapasitas penuh,” lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA), dikutip dari Channel News Asia, Senin (18/10).

Kemarin (17/10), orang-orang mulai melaksanakan salat berdampingan dan membuat saf lurus untuk pertama kalinya sejak pandemi dimulai tahun lalu. Meski aturan menjaga jarak telah dihapus, orang-orang yang akan menunaikan sholat atau mengunjungi Masjidil Haram diwajibkan sudah divaksinasi lengkap dan selalu menggunakan masker ketika berada di dalam masjid. Selain itu, Ka'bah juga masih tertutup untuk saat ini.

Arab Saudi mengumumkan pada Agustus lalu, akan mulai menerima jamaah umrah dari luar negaranya. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, yakni seluruh calon jamaah umrah sudah divaksinasi dosis lengkap. 

Otoritas Arab Saudi mengatakan, umrah bisa dilakukan kapan saja dan biasanya menarik jutaan orang dari seluruh dunia, seperti ibadah haji yang dilakukan dalam bulan tertentu. Pada Juli, hanya sekitar 60.000 penduduk yang sudah divaksin yang diizinkan untuk ikut dalam pelaksanaan ibadah haji. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...