Produksi Industri AS Anjlok Akibat Badai Ida dan Kelangkaan Cip

Abdul Azis Said
19 Oktober 2021, 12:37
manufaktur, pabrik, ida
Pexels.com
Hasil produksi manufaktur juga menurun seiring masih belum teratasinya masalah kelangkaan cip semikonduktor serta efek badai Ida.

Produksi sektor industri di Amerika Serikat (AS) menurun pada bulan lalu, terdalam selama tujuh bulan terakhir. Hasil produksi manufaktur juga menurun seiring masih belum teratasinya masalah kelangkaan cip semikonduktor serta efek badai Ida.

The Federal Reserve (The Fed) melaporkan, produksi industri pada September turun 1,3% secara month-to-month (mtm). Hampir separuh atau 0,6% dari penurunan tersebut disebabkan oleh efek badai Ida yang masih terasa bulan lalu.

Advertisement

Penurunan produksi industri bulan lalu juga lebih buruk dari kontraksi 0,1% pada Agustus. Produksi industri meliputi manufaktur, utilitas dan pertambangan. Output utilistas turun 3,6% akibat permintaan yang mulai turun, sedangkan produksi pertambangan jatuh 2,3% akibat badai Ida.

Sektor manufaktur yang menyumbang 12% terhadap ekonomi AS  juga melaporkan penurunan produksi hingga 0,7%, lebih dalam dari penurunan 0,4% pada bulan sebelumnya. Ini sekaligus mencatatkan penurunan terdalam sejak Februari tahun ini. Di luar perhitungan terhadap sektor otomotif, produksi manufaktur turun 0,3%.

Produksi manufaktur otomotif turun 7,2% melanjutkan penurunan 3,2% pada Agustus. Kelangkaan cip memaksa pembuat mobil untuk memangkas produksi. Ada juga kekurangan pekerja di pelabuhan, yang menyebabkan kemacetan dan menghambat pengiriman bahan baku.

Perakitan kendaraan bermotor turun ke tingkat tahunan 7,78 juta unit, terendah sejak April 2020,dari kecepatan 8,82 juta unit pada Agustus.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement