Kasus Covid-19 Melonjak, Pemerintah Inggris Diminta Lakukan Pembatasan

Image title
Oleh Abdul Azis Said
21 Oktober 2021, 09:40
inggris, covid-19, lonjakan kasus
ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez/nz/cf
Ilustrasi. Badan kesehatan Inggris (NHS), yang menjadi pusat sistem kesehatan Inggris Raya, mendesak pemerintah segera mengambil langkah untuk menanggulangi terjadinya krisis Covid-19 akibat musim dingin.

Tenaga kesehatan di Inggris mendesak pemerintah untuk segera memberlakukan kembali pembatasan Covid-19. Negara ini kembali mengalami lonjakan kasus Covid-19 hingga menyebabkan rumah sakit mulai kewalahan menangani pasien.

Badan kesehatan Inggris (NHS), yang menjadi pusat sistem kesehatan Inggris Raya, mendesak pemerintah segera mengambil langkah untuk menanggulangi terjadinya krisis musim dingin. Penularan virus saat musim dingin diyakini lebih cepat dibandingkan musim lainnya.

Advertisement

“Kami mendesak pemerintah memberlakukan kebijakan seperti wajib masker di tempat ramai dan tertutup, tanpa berlama-lama untuk menjaga kesehatan rakyat dan mencegah NHS kewalahan musim dingin ini,” kata seorang pejabat konfederasi NHS dikutip dari CNBC, Kamis (21/10).

Dilansir dari Channel News Asia, Inggris memiliki angka kematian akibat Covid-19 terbesar ke-delapan secara global, dengan hampir 139.000 kematian. Hal itu disebut sebagai awal yang tepat untuk memulai program vaksinasi di negara tersebut, namun Perdana Menteri Boris Johnson telah mencabut hampir semua pembatasan Covid-19 di Inggris dan mengakhiri langkah-langkah jarak sosial.

Johnson telah berulang kali mengklaim keberhasilan awal Inggris dengan vaksinasi. Ia menyebut Inggris akan bisa mengatasi musim dingin tanpa adanya gelombang Covid-19 baru dan tanpa harus melakukan pembatasan aktivitas masyarakat, setelah sebelumnya telah dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat sebanyak tiga kali.

Namun, tenaga kesehatan setempat menyatakan keprihatinan bahwa peningkatan jumlah pasien yang masuk ke rumah sakit akibat Covid-19, dibarengi dengan pasien virus musiman, dapat membuat rumah sakit tidak dapat menangani daftar tunggu pasien yang panjang dan berfungsi secara normal.

Johnson menganggap penggunaan masker dan bekerja dari rumah hanya akan menjadi ketidaknyamanan kecil, menanggapi hal itu, Kepala Eksekutif Konfederasi NHS Matthew Taylor mengatakan, hal itu tidak dapat membuat negara tersebut terhindari dari ancaman gelombang penularan yang lebih tinggi saat musim dingin datang.

"Ini pertengahan Oktober. Segalanya hanya akan menjadi lebih buruk. Layanan kesehatan suda berada tepat di ujungnya, jika Anda mendorong lebih jauh, kami tidak akan dapat memberikan tingkat layanan yang dibutuhkan orang," kata Taylor dikutip dari Channel News Asia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement