Australia Akan Buka 1.000 Lowongan Kerja untuk Pekerja Indonesia

Agustiyanti
30 Oktober 2021, 08:26
lowongan kerja, australia
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/HP/djo
Australia tengah menghadapi kondisi kekurangan tenaga kerja di sektor perkebunan yang krusial bagi perekonomian negara.

Australia akan membuka 1.000 lowongan kerja bagi pekerja migran Indonesia dalam tiga tahun ke depan. Negeri Kangguru ini tengah menghadapi kondisi kekurangan tenaga kerja di sektor perkebunan yang krusial bagi perekonomian negara. 

Upaya untuk mengirim pekerja Indonesia ini dilakukan melalui kerja sama antara House of Indonesia (HoI) Gateway Pty. Ltd dan PT Prima Duta Sejati (PDS) yang difasilitasi KJRI Sydney pada Senin (18/10). Penandatanganan ini turut dihadiri Duta Besar RI untuk Australia, Kristiarto Legowo, Konsul Jenderal RI Sydney, Vedi Kurnia Buana, Koordinator Fungsi Ekonomi KJRI Sydney, Trisari Dyah Paramita, serta perwakilan dari grup HoI dan PDS.

Advertisement

Kristiarto menjelaskan, perjanjian kerja sama ini merupakan tonggak penting dalam kerja sama di bidang ketenagakerjaan, khususnya ketika Australia membuka kembali perbatasannya. Perjanjian kerjasama ini, menurut dia, juga merupakan wujud nyata pemanfaatan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA CEPA) yang patut diapresiasi. 

“Saya harap ke depan dapat dikembangkan ke sektor-sektor lain dengan keahlian dan keterampilan yang lebih tinggi, seperti sektor kesehatan dan hospitality sehingga memberikan pemanfaatan yang lebih tinggi pada perekonomian Indonesia," ujar Kristiarto dalam siaran pers. 

Direktur HoI Gateway Hendra Saputra, menjelaskan bahwa rencana kerja sama pengiriman PMI ke Australia beranjak dari keinginan untuk membantu menciptakan lapangan kerja bagi pekerja Indonesia dan memanfaatkan kekosongan pekerja di sektor perkebunan di Australia. Kerja sama ini juga akan memanfaatkan rencana dikeluarkannya visa sektor pertanian oleh pemerintah Australia. 

Konjen RI Sydney menyambut baik kemitraan HOI dengan PDS yang dimotori oleh Maxixe Mantofa, sosok yang bepengalaman dalam pengiriman PMI di berbagai sektor ke sejumlah negara sejak tahun 1999. 

Perjanjian kerja sama direncanakan untuk berlaku selama tiga tahun di mana tahap pertama akan dikirim sebanyak 100 PMI dengan proyeksi 1000 PMI selama tiga tahun.  

Pemerintah Australia sebelumnya telah memutuskan untuk memperbolehkan pekerja migran terampil dan pelajar internasional untuk masuk ke Australia. Namun, wisatawan mancanegara (wisman) tetap tidak diizinkan masuk ke negara tersebut hingga tahun depan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement