Jokowi Tiba di Roma untuk Hadiri KTT G20, Berikut Jadwalnya

Agustiyanti
30 Oktober 2021, 09:53
jokowi, roma, G20, KTT G20
Kementerian Luar Negeri
Presiden Jokowi juga akan menghadiri pertemuan bilateral dengan lima pemimpin negara dan Bank Dunia pada hari keduanya di Roma.

 

Presiden Joko Widodo telah tiba di Roma, Italia untuk menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 30-31 Oktober 2021. Selain menghadiri KTT, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. 

“Presiden bersama delegasi Indonesia baru saja tiba di Roma untuk menghadiri KTT G20 di Roma. Di hari pertama, presiden Jokowi akan mengikuti kegiatan yang sangat padat,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers, Sabtu (30/10). 

Ia menjelaskan, Jokowi juga akan menghadiri pertemuan bilateral dengan lima pemimpin negara dan Bank Dunia pada hari keduanya di Roma. Hasil lengkap pertemuan antara Jokowi dan para pemimpin dunia akan disampaikan Retno dalam keterangan pers besok, Minggu (31/10). 

“Besok malam setelah pertemuan selesai, saya akan kembali memberikan breafing terkait substansi hasil pembicaran,” kata Retno. 

Berikut jadwal lengkap Jokowi di KTT G20 di Roma: 
Hari Pertama 
  • Menghadiri sesi “Global Economy and Global Health”.
  • Menghadiri side event “Supporting SME and Women Own Business to Bounce Back Better”. Jokowi akan menjadi salah satu pembicara pada acara tersebut.
  • Menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang diselenggarakan Perdana Menteri Italia.
Hari Kedua
  • Pertemuan bilateral dengan pemimpin negara; Australia, Prancis, India, Turki, Italia, serta pimpinan Bank Dunia. 

Retno mengatakan, masih mungkin terjadi perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan  pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara. “Kami juga sedang terus mencocokkan jadwal bapak presiden dan pemimpin lainnya,” kata Retno.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...