Pfizer Minta Izin FDA Suntik Vaksin Booster ke Semua Orang Dewasa AS

Agustiyanti
10 November 2021, 08:42
pfizer, vaksin booster, vaksin covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Ilustrasi. Orang Amerika yang lebih tua dan kelompok lain yang sangat rentan terhadap virus telah memiliki akses ke dosis ketiga vaksin Pfizer dan BioNTech sejak September.

Pfizer meminta regulator obat dan makanan Amerika Serikat, FDA untuk mengizinkan pemberian dosis penguat atau booster vaksin Covid-19 untuk siapa pun berusia 18 tahun ke atas. Permintaan perluasan penggunaan vaksin booster ini muncul kembali di tengah kekhawatiran lonjakan kasus virus corona usai berbagai perjalanan liburan dan pertemuan.

Orang Amerika yang lebih tua dan kelompok lain yang sangat rentan terhadap virus telah memiliki akses ke dosis ketiga vaksin Pfizer dan BioNTech sejak September. Food and Drug Administration mengatakan akan bergerak cepat untuk memperluas booster ke usia yang lebih muda jika diperlukan.

Pfizer mengirimkan hasil awal studi booster pada 10.000 orang untuk menyatakan bahwa inilah saatnya untuk memperluas kampanye booster lebih lanjut. Efektivitas vaksin terhadap infeksi yang lebih ringan dapat berkurang seiring waktu.

Studi baru Pfizer menyimpulkan bahwa booster dapat memulihkan perlindungan terhadap infeksi simtomatik hingga sekitar 95%, bahkan ketika varian delta yang memiliki daya tular tinggi melonjak. Sementara efek sampingnya mirip dengan yang terlihat setelah pasien menerima dua dosis vaksin. 

Rata-rata 11 bulan setelah vaksinasi Pfizer terakhir mereka, peserta percobaan diberi dosis ketiga atau suntikan palsu. Para peneliti melacak setiap infeksi yang terjadi setidaknya seminggu kemudian, dan sejauh ini telah menghitung lima kasus gejala COVID-19 di antara penerima booster dibandingkan dengan 109 kasus di antara orang yang mendapat suntikan palsu.

Pemerintahan Biden awalnya membayangkan booster untuk semua orang dewasa, tetapi FDA menolak dosis Pfizer tambahan untuk semua orang pada September. Panel tidak yakin bahwa orang muda yang sehat membutuhkan dosis lain, terutama ketika sebagian besar populasi dunia belum divaksinasi. FDA merekomendasikan booster hanya untuk kelompok tertentu — salah satu dari serangkaian keputusan tentang dosis tambahan untuk ketiga vaksin yang digunakan. 

Aturan saat ini adalah rang yang awalnya menerima vaksinasi Pfizer atau Moderna memenuhi syarat untuk mendapatkan booster enam bulan kemudian jika mereka berusia 65 tahun atau lebih, atau berisiko tinggi terkena Covid-19 karena masalah kesehatan atau pekerjaan atau kondisi kehidupan mereka. Sementara karena vaksin Johnson & Johnson dosis tunggal belum terbukti seefektif pesaing dua dosisnya, setiap penerima J&J bisa mendapatkan booster setidaknya dua bulan kemudian.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...