Kasus Covid-19 Naik di 5 Provinsi, PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang

Pemerintah tak mengubah level PPKM pada lima provinsi yang mencatatkan kenaikan kasus Covid-19. Tidak ada provinsi yang saat ini menerapkan PPKM level 3 dan 4.
Image title
22 November 2021, 20:40
PPKM, ppkm level 1, kasus covid-19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Saat ini terdapat tujuh provinsi menerapkan PPKM level 1, salah satunya DKI Jakarta.

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali. Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto pun mencatat, kenaikan kasus Covid-19 terjadi di lima provinsi dalam sepekan terakhir. 

"Dari kasus konfirmasi mingguan, ada beberapa provinsi yang mengalami kenaikan kasus," kata Airlangga di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11).

Airlangga menjelaskan, kenaikan kasus terjadi di Nusa Tenggara Timur sebanyak 77 kasus. Kemudian, Kalimantan Barat 43 kasus, Riau 16 kasus, Bangka Belitung 15 kasus, dan Sulawesi Utara 6 kasus. Meski begitu, tidak ada perubahan level PPKM pada lima provinsi tersebut.

Dari 27 provinsi, tidak ada provinsi di luar Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 4 dan 3. Sementara itu, terdapat 20 provinsi yang memberlakukan PPKM level 2 dan tujuh provinsi menerapkan PPKM level 1.

Advertisement

Tujuh provinsi yang memberlakukan PPKM level terendah itu ialah Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara. "Dari vaksinasi hanya dua provinsi tingkatnya di level memadai atau levelnya lebih dari 70%, yaitu Kepulauan Riau dan Bangka Belitung," ujar dia.

Pada tingkat kabupaten/kota, ada 200 daerah yang menerapkan PPKM level 2 dan 184 daerah memberlakukan PPKM level 1. Perpanjangan PPKM dilakukan pada 23 November-6 Desember. Pemerintah pun akan memantau capaian vaksinasi di setiap daerah. "Dosis vaksinasi kurang dari 50% akan dinaikkan satu level PPKM," ujar dia.

Pemerintah melaporkan kasus corona pada Senin (22/11) bertambah 186 orang, terendah sejak 10 April 2020 lalu yakni 185 kasus. Sedangkan angka kematian pasien corona hari ini bertambah lima orang. Angka ini juga merupakan yang terendah sejak masa awal pandemi.

Kasus baru didapatkan dari pemeriksaan terhadap 166.685 orang. Adapun rasio positif Covid-19 yang didapatkan hari ini sebesar 0,11%.

Kasus positif terbanyak disumbangkan Provinsi Jawa Barat yakni 31 orang. Berikutnya adalah DKI Jakarta yang melaporkan 26 kasus baru dan Jawa Timur dengan 20 pasien baru.

Selain itu ada sembilan provinsi yang menyumbangkan nol kasus positif hari ini. Kesembilannya adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Sedangkan provinsi penyumbang kematian kasus corona adalah Jawa Timur dengan empat orang meninggal dan Lampung dengan satu kasus.

Selain itu, pemerintah melaporkan kasus sembuh bertambah 342 orang. Terbanyak berasal dari Jawa Barat yakni 82 pasien dan Jakarta yang melaporkan 51 orang.

Pemerintah juga melaporkan angka kasus aktif berkurang 161 menjadi 7.965 orang. Selain itu 3.523 orang dinyatakan sebagai suspek virus corona.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait