Krisis Cip Semikonduktor Ganggu Industri Domestik, Ini Solusi Menperin

Cahya Puteri Abdi Rabbi
23 November 2021, 19:14
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, krisis cip semikonduktor, cip semikonduktor
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyebut terdapat kemajuan pada sektor industri yang cukup signifikan pada kuartal III 2021 meski terjadi kelangkaan cip semikonduktor.

Industri elektronika dan otomotif merupakan salah satu sektor yang mendapat prioritas pengembangan sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Namun, krisis cip semikonduktor menghambat kedua industri tersebut.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, belum adanya industri semikonduktor di Indonesia menyebabkan gangguan proses produksi. Ini khususnya terjadi di sektor industri otomotif dan elektronika.

Advertisement

"Kita harus mulai pembangunan industri semikonduktor agar industri yang terkait memiliki ketahanan yang kuat dan tidak sepenuhnya bergantung pada dinamika dunia," kata Agus dalam Economic Outlook 2022, Selasa (23/11).

Kelangkaan komponen cip semikonduktor global antara lain telah berdampak pada PT Honda Prospect Motor (HPM). Perusahaan mengalami gangguan produksi. Namun,Bussiness Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, pihaknya tengah melakukan sejumlah antisipasi untuk menghadapi skenario terburuk jika krisis cip semikonduktor berlanjut.

Pemasok sudah mulai dapat me-recovery permintaan Honda secara bertahap, sehingga pihaknya dapat melakukan produksi dan mengirimkan produknya ke konsumen secepatnya juga.

Agus sebelunya memperkirakan bahwa kebutuhan cip semikonduktor akan terus meningkat. Untuk itu, menurut dia, pemerintah perlu mendorong agar cip semikonduktor dapat diproduksi di dalam negeri. 

Ia pun telah melakukan sejumlah pertemuan dengan para pelaku industri di Jerman, termasuk dengan Toolcraft AG pada akhir Oktober lalu (29/10). Pemerintah mengajak perusahaan mesin tersebut mengembangkan industri  semikondutor di tanah air.

"Kami juga berharap Toolcraft AG yang memiliki jaringan internasional bisa menarik klien mereka untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi komponen dari luar Jerman, khususnya untuk pasar Asia,” kata dia akhir Oktober lalu (29/10).

Sektor Industri Catat Kemajuan Signifikan

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement