Pemerintah Targetkan Bangun Pembangkit Nuklir 40 GW hingga 2060

Image title
24 November 2021, 20:20
PLTN, nuklir, pembangkit nuklir
123rf.com/Vaclav Volrab
Ilustrasi. pemerintah membuka semua peluang energi baru dan terbarukan di Indonesia, termasuk pembangkit nuklir.

Pemerintah berencana untuk menggenjot pengembangan energi nuklir di Tanah Air. Kapasitas pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) ditargetkan mencapai 40 gigawatt (GW) pada 2060.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Gatrik) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, pemerintah membuka semua peluang energi baru dan terbarukan di Indonesia. Salah satunya yakni PLTN yang telah dituangkan dalam peta jalan menuju nol emisi karbon 2021-2050.

Advertisement

"Commercial operation date (COD) pertama untuk PLTN rencanakan mulai 2049 dan ini bisa dipercepat. Kita punya target mencapai 40 GW di 2060," ujar Rida dalam diskusi Tantangan dan Solusi Rantai Pasok Wujudkan Ketahanan Energi Nasional, Rabu (24/11).

Menurut Rida, teknologi PLTN saat ini mulai relatif aman. Namun, masih ada pekerjaan rumah yang perlu segera dituntaskan, yakni dukungan politik dan kepercayaan masyarakat.

"Pertama, political will itu sangat mudahm tinggal Presiden go nuklir. Sedangkan kedua itu, kepercayaan dari masyarakat, yang sampai saat ini surveinya masih dilakukan oleh Batan," ujarnya.

Pemerintah menyadari bahwa kebutuhan listrik pada 2050 berpotensi tidak dapat dipenuhi, bahkan setelah memaksimalkan potensi energi baru terbarukan (EBT) yang dimiliki Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah akan mencari sumber energi alternatif lainnya, termasuk nuklir untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement