Pemerintah Harap RI Jadi Basis Produksi dan Ekspor Hub Mercedes Benz

Agustiyanti
28 November 2021, 17:23
Mercedes Benz E Class, mercedes benz, ekspor, mobil mewah
Mercedes Benz
Ilustrasi. Indonesia telah mampu memproduksi model sedan termewah dalam line up Mercedes-Benz saat ini.

Kementerian Perindustrian berharap pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor hub. Indonesia telah mampu memproduksi model sedan termewah dalam line up Mercedes-Benz saat ini.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier mengatakan dua model mobil Mercedes Benz rakitan Indonesia yang baru-baru ini diluncurkan menunjukkan bahwa industri otomotif di Indonesia telah dipercaya sebagai basis produksi kendaraan bermotor semua segmen. 

Advertisement

“Pemerintah mendorong agar Mercedes Benz dapat menjadikan Indonesia sebagai ekspor hub kendaraan bermotor, baik konvensional maupun elektrifikasi ke pasar global,” ujar Taufiek pada Minggu (28/11) dalam Saran pers. 

Ia mengatakan, industri otomotif di Indonesia mampu berdaya saing di kancah global. Hal ini terlihat dari capaian jumlah ekspor produk kendaraan roda empat atau lebih, termasuk komponennya. 

Ekspor kendaraan CBU pada Januari-September 2021 tercatat sebanyak 207 ribu unit dengan nilai Rp 37,65 triliun, 62 ribu set untuk CKD senilai Rp 0,96 triliun, dan 65 juta pieces komponen senilai Rp 21,86 triliun. Ekspor tersebut menjangkau 80 negara.

“Dalam rangka menarik investasi untuk produsen kendaraan bermotor low volume khususnya dari Eropa, kami telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 23 tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih,” tutur Taufiek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement