Menkes Akan Cegah Ratusan Ribu WNI Berobat ke Luar Negeri, Ini Caranya

Abdul Azis Said
13 Desember 2021, 13:09
Budi Sadikin, Menkes, kesehatan rumah sakit, asing, menteri kesehatan
Katadata
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mencatat, sekitar 600 ribu orang Indonesia berobat ke luar negeri setiap tahunnya.

Kementerian Kesehatan mencatat, terdapat 600 ribu penduduk Indonesia yang berobat ke luar negeri setiap tahun. Untuk itu, pemerintah akan mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan di dalam negeri dengan menggandeng investor asing

"Kami tidak ingin 600 ribu orang Indonesia ke negara-negara ASEAN hanya untuk melakukan medical check-up, jadi kami akan membuka kesempatan untuk rumah sakit asing dan investor untuk datang," kata Budi dalam acara US-Indonesia Investment Summit secara virtual, Senin (13/12).

Menurut data Patient Beyond Borders, terdapat 600 penduduk Indonesia yang berobat ke luar negeri pada 2015. Adapun negara tujuan utamanya, yaitu ke Thailand, Singapura dan Malaysia. Ketiga negara tersebut mendapatkan keuntungan dari kunjungan pasien asal Indonesia.

Oleh karena itu, Budi mendorong agar rumah sakit di Indonesia terus meningkatkan kualitas. Hal ini dilakukan dengan mendukung masuknya asing sebagai pengelola rumah sakit melalui penyederhanaan peraturan. Pemerintah juga akan mendorong agar pekerja profesional asing dapat bisa bekerja di sektor kesehatan di dalam negeri.

Dia mengatakan, langkah ini merupakan upaya pemerintah  mentransformasi layanan kesehatan  di Indonesia. Pemerintah ingin meningkatkan jumlah layanan kesehatan dan mendorong distribusi yang lebih baik di seluruh Indonesia. 

Budi menjelaskan, terdapat  lima pilar transformasi kesehatan di Indonesia adalah sebagai berikut:

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...