Inggris Sebut Varian Omicron Mampu Tembus Vaksin, Satu Orang Meninggal

Agustiyanti
14 Desember 2021, 07:07
varian omicron, kasus Covid-19, Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Simon Dawson/nz/dj
Varian Omicron sekarang menyumbang 44% dari infeksi di London dan akan menjadi jenis yang dominan di ibu kota dalam waktu 48 jam.

Setidaknya satu orang telah meninggal di Inggris setelah tertular varian Omicron, kematian pertama yang dikonfirmasi publik secara global dari varian baru virus Covid-19. Inggris menyebutkan varian ini mampu menembus kekebalan yang dibentuk dua dosis vaksin Covid-19. 

Sejak kasus Omicron pertama terdeteksi pada 27 November di Inggris, Perdana Menteri Boris Johnson telah memberlakukan pembatasan yang lebih ketat dan memperingatkan bahwa varian tersebut dapat mengatasi pertahanan kekebalan dari mereka yang diinokulasi dengan dua suntikan vaksin.

Inggris tidak memberikan rincian tentang kematian selain orang yang telah didiagnosis di rumah sakit. Tidak ada informasi apakah pasien yang meninggal telah divaksinasi atau memiliki penyakit penyerta lainnya. 

Kematian akibat Omicron mungkin terjadi di negara lain tetapi belum ada yang mengkonfirmasinya secara publik seperti Inggris. 

“Setidaknya satu pasien kini telah dipastikan meninggal dengan Omicron. Jadi saya pikir gagasan bahwa ini adalah versi virus yang lebih ringan, saya pikir itu adalah sesuatu yang perlu kita singkirkan,” ujar Johnson kepada wartawan di pusat vaksinasi Inggris pada Minggu (13/12), seperti dikutip dari Reuters. 

Sekretaris Kesehatan Sajid Javid mengatakan varian baru ini sekarang menyumbang 44% dari infeksi di London dan akan menjadi jenis yang dominan di ibu kota dalam waktu 48 jam. Infeksi Omicron baru diperkirakan mencapai 200 ribu per hari. 

Sebelum kematian diumumkan, Inggris mengatakan 10 orang telah dirawat di rumah sakit dengan Omicron di berbagai bagian Inggris. Usia mereka berkisar antara 18 hingga 85 tahun dan sebagian besar telah menerima dua dosis vaksinasi.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan Omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, Botswana, dan Hong Kong pada akhir November dapat menembus kekebalan penerima dua suntikan vaksin, seperti AstraZeneca (AZN.L) atau Pfizer-BioNTech (PFE. N), .Kementerian Kesehatan Afrika Selatan mengatakan tidak dapat memastikani apakah ada kematian Covid-19 yang disebabkan oleh Omicron karena kematian tidak didata secara terpisah berdasarkan varian.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Minggu (13/12) bahwa temuan awal sementara dari Afrika Selatan menunjukkan Omicron mungkin kurang parah daripada varian Delta yang saat ini dominan di seluruh dunia.  Semua kasus yang dilaporkan di wilayah Eropa ringan atau tanpa gejala, terapi masih belum jelas sejauh mana Omicron mungkin secara inheren kurang ganas. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...