Jembatan Suramadu Ditutup saat Malam Tahun Baru

Image title
27 Desember 2021, 21:18
jembatan suramadu ditutup, jembatan suramadu, khofifah, malam tahun baru
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj.
Pemerintah Provinsi Jatim akan menutup Jembatan Suramadu dan alun-alun di seluruh provinsi pada malam Tahun Baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memutuskan untuk menutup Jembatan Suramadu pada malam perayaan Tahun Baru 2022. Jembatan Suramadu ditutup mulai 31 Desember 2021 pukul 20.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 05.00 WIB demi mencegah penyebaran virus Covid-19

Ia menjelaskan, kebijakan tersebut ditempuh sebagai salah satu upaya mengantisipasi berkumpulnya masyarakat pada malam pergantian tahun baru  demi mencegah penyebaran Covid-19. Selain menutup jembatan sepanjang 5,4 kilometer tersebut, Pemprov Jatim juga menutup untuk seluruh alun-alun di 38 kabupaten/kota di Jatim.

Tak itu saja, menurut Khofifah, seluruh jalan-jalan utama yang berpotensi digunakan untuk berkumpulnya masyarakat dan konvoi juga dipastikan ditutup pada jam yang sama."Kalau di Surabaya, misalnya  di kawasan Kenjeran, lalu Jalan Tunjungan, Raya Darmo dan sekitarnya. Semua dipastikan tutup mulai jam delapan malam," kata Khofifah di Surabaya pada Senin (27/12), seperti dikutip dari Antara. 

Meski demikian, Khofifah mengatakan, pihaknya memberikan sejumlah pengecualian terkait penutupan jalan dan jembatan. 
Kendaraan yang kaitannya dengan logistik, bahan bakar minyak, kedaruratan terutama layanan kesehatan masih boleh melintas. 

Mantan Menteri Sosial ini  mengingatkan tak ada perayaan malam pergantian tahun di seluruh kawasan, termasuk berkumpul, menyalakan kembang api, maupun pawai keliling kota.

"Bagi yang berkumpul bersama keluarga dan kerabat dibatasi tidak boleh lebih dari 50 orang. Mari jaga semua suasana yang sangat baik. InsyaAllah Covid-19 di Jatim saat ini terkendali," kata dia. 

Khofifah telah mengimbau masyarakat untuk membatasi mobilitas menjelang masa liburan dalam rangka Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Imbauan tersebut diikuti dengan beberapa upaya pembatasan di sektor transportasi dan pariwisata untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga, terutama dengan berkembangnya varian baru Covid-19, Omicron

Kasus Covid-19 secara nasional bergerak naik usai menembus rekor terendahnya sejak awal pandemi pada Minggu (26/12). Pemerintah melaporkan pasien corona meningkat 120 pada Senin (27/12).

Tambahan pasien terbanyak berasal dari Provinsi DKI Jakarta yakni 42 orang. Angka ini terpaut jauh dari peringkat dua dan tiga yakni Jawa Timur serta Papua Barat yang sama-sama melaporkan sembilan kasus baru.

Kasus positif hari ini didapatkan dari pemeriksaan terhadap 164.005 orang. Ini berarti rasio positif Covid-19 yang diperoleh sebesar 0,07%. Sedangkan kasus kematian pasien corona hari ini juga bertambah delapan orang. Separuh dari pasien meninggal hari ini berasal dari Jawa Tengah.

Adapun kasus sembuh hari ini juga bertambah 271 orang. Jumlah terbanyak berasal dari DKI Jakarta yang melaporkan 98 orang.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait