Maskapai AS Batalkan 800 Penerbangan Lagi karena Omicron

Agustiyanti
27 Desember 2021, 21:59
Penerbangan, maskapai amerika serikat, varian omicron
ANTARA FOTO/REUTERS/Marco Bello/rwa/cf
Maskapai penerbangan terpaksa membatalkan penerbangan karena pilot dan awak kabin perlu dikarantina akibat menyebarnya varian Omicron.

Maskapai penerbangan Amerika Serikat membatalkan sekitar 800 penerbangan lagi pada hari Senin (27/12) setelah menghentikan ribuan penerbangan selama liburan Natal akhir pekan. Ini dilakukan seiring meningkatnya penyebaran kasus Omicron di seluruh negeri. 

Saham American Airlines Group Inc (AAL.O), United Airlines Holdings Inc, Delta Air Line Inc (DAL.N) dan Southwest Airlines Co (LUV.N) turun 2% hingga 3% dalam perdagangan sebelum bel pembukaan.

Advertisement

Mengutip Reuters, setidaknya tiga kapal pesiar juga terpaksa kembali ke pelabuhan tanpa melakukan panggilan pelabuhan terjadwal setelah kasus Covid-19 terdeteksi di kapa. Ini adalah hari ketiga berturut-turut yang menyakitkan bagi sebagian orang Amerika yang tengah bepergian saat liburan Natal. Libur Natal merupakan musim teramai penerbangan yang kali ini bertepatan dengan penyebaran varian Omicron di negara tersebut.

Pakar Penyakit Menular AS, Anthony Fauci memperingatkan potensi lonjakan kasus di AS dalam beberapa hari mendatang yang mampu memenuhi faslitas rumah sakit, terutama di wilayah di mana Anda memiliki proporsi individu yang tidak divaksinasi yang lebih besar. 

"Kemungkinan akan jauh lebih tinggi," katanya tentang lonjakan yang didorong oleh Omicron. Perkiraan tersebut dibuat ketika Presiden Joe Biden telah meluncurkan tindakan baru yang bertujuan untuk menahan gelombang terbaru dan terus mendesak vaksinasi dan strategi pencegahan lainnya pada pekan lalu.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19, maskapai penerbangan terpaksa membatalkan penerbangan  karena pilot dan awak kabin perlu dikarantina. Cuaca buruk di beberapa daerah menambah kesengsaraan para pelancong.

Enjoli Rodriguez, 25, yang penerbangan Delta Air Lines Inc (DAL.N) dari Los Angeles ke Lexington, Kentucky, dibatalkan pada Malam Natal adalah satu dari ribuan yang masih terdampar pada Minggu.

Delta menjadwalkan ulang Penerbangan Rodriguez melalui Detroit, tetapi penerbangan awalnya tertunda sehingga melewatkan penerbangan lanjutan. Berbicara dari bandara Detroit pada hari Minggu, Rodriguez mengatakan dia dikelilingi oleh penumpang yang marah, perwakilan maskapai yang bingung, dan keluarga dengan anak kecil dalam keadaan limbung. 

"Saya bertemu banyak orang yang berbagi cerita mereka di sini. Kami semua hanya terjebak di Michigan, Detroit, menuju tempat yang berbeda," Rodriguez, yang memesan ulang penerbangan berikutnya ke Kentucky, mengatakan kepada Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement